Senin, 07 Jan 2019 16:46 WIB

Wanita 350 Kg di Kalteng Gemuk karena Hobi Makan Gorengan? Belum Tentu

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Gorengan memang banyak mengandung lemak. Tapi apakah memicu obesitas ekstrem? (Foto: shutterstock)
Jakarta - Titi Wati (36), seorang wanita di Kalimantan Tengah mengalami obesitas ekstrem hingga berat badannya mencapai 350 Kg. Ia mengaku suka makan gorengan, cemilan lain, serta minum es.

Soal kemungkinan kebiasaan makan gorengan jadi pemicu kegemukan, dokter spesialis gizi klinik dari RS Pondok Indah - Puri Indah, dr Raissa E Djuanda, M Gizi, SpGK punya pendapat sendiri. Menurutnya, belum tentu gorengan itu saja yang memicu obesitas seekstrem itu.

"Untuk camilan dan gorengan juga kemungkinan dapat memicu, karean sudah jelas kandungan kalorinya sangat besar," jelas dr Raissa yang dalam kasus ini tidak ikut menangani, saat dimintai pendapat oleh detikHealth, Senin (7/1/2019).

"Namun dalam kasus berat badan hingga 350 kilogram ini terjadi karena adanya gangguan hormonal, sehingga sangat dianjurkan untuk diperiksa lebih lanjut," lanjutnya.



Kemungkinan lain menurut dr Raissa adalah masalah pada otak. Masalah tersebut, menurutnya berdampak pada komposisi hormonal yang berpengaruh pula pada sistem metabolisme makanan.

"Harus dicek hormon-hormonnya termasuk sampai ke otaknya juga, karena yang mengatur hormon ini semua pusatnya berasal dari otak," pungkas dr Raissa.

(up/up)