Kamis, 10 Jan 2019 12:24 WIB

Mengenal Pembengkakan Jantung, Penyakit yang Dialami Ketua Panitia Reuni 212

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ustaz Bernard Abdul Jabbar disebut mengalami sedikit pembengkakan jantung. Foto: dok. istimewa Ustaz Bernard Abdul Jabbar disebut mengalami sedikit pembengkakan jantung. Foto: dok. istimewa
Jakarta - Ketua Panitia Reuni 212 Ustaz Bernard Abdul Jabbar disebut mengalami kelelahan dan ada sedikit pembengkakan di jantung, sehingga mengharuskannya dirawat di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) Cawang, Jakarta Timur.

Dikutip dari Everyday Health, pembengkakan jantung adalah istilah orang awam yang menggambarkan ukuran jantung yang lebih besar dari seharusnya. Secara medis disebut dengan kardiomegali.

"Bilik jantung menjadi melebar atau membesar, atau dinding jantung menjadi menebal secara tidak normal," kata profesor kedokteran di Duke University dan direktur Duke Heart Failure Same-Day Access Clinic di Durham, North Carolina, Prof Zubin Eapen, MD.



Jantung memiliki empat ruang, dua bagian atas disebut atrium kanan dan kiri, sedangkan dua bagian bawah disebut ventrikel kanan dan kiri. Prof Zubin mengatakan bahwa pembengkakan jantung biasanya melibatkan ventrikel kiri, yaitu ruang pompa utama jantung.

Prof Zubin juga menyebut bahwa pembengkakan jantung merupakan awal dari gagal jantung. Biasanya jantung melemah disebabkan adanya penyakit arteri koroner, keruasakan otot jantung, atau penyebab paling umum yakni tekanan darah tinggi (hipertensi).

"Jika tekanan darah Anda lebih tinggi dari seharusnya, itu berarti jantung Anda harus memompa lebih keras dari biasanya untuk memindahkan darah ke seluruh tubuh," jelas Prof Zubin.

Itulah yang menyebabkan dinding atau ventrikel kiri menjadi menebal secara tidak normal untuk mengimbangi kerja yang lebih berat. Dengan kata lain, otot akan menonjol jika dipaksa melakukan pekerjaan berat.



(wdw/up)