Kamis, 10 Jan 2019 16:00 WIB

BPJS Kesehatan Pastikan Semua RS di Serang Masih Layani Pasien

Bahtiar Rifa'i - detikHealth
Sempat diberitakan beberapa rumah sakit putus kontrak dengan BPJS Kesehatan karena belum mendapat akreditasi. (Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom) Sempat diberitakan beberapa rumah sakit putus kontrak dengan BPJS Kesehatan karena belum mendapat akreditasi. (Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)
Serang - Kabar tidak berlakukan pelayanan bagi pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di rumah sakit yang belum terakreditasi tak berlaku untuk wilayah Serang, Banten. Di daerah ini, tak ada pemutusan kerja sama pemberian pelayanan oleh rumah sakit ke pasien.

"Kalau di Serang sendiri nggak, kita tidak memutuskan rumah sakit, pihak swasta juga nggak ada," kata Humas BPJS Regional Banten, Kalbar dan Lampung Fiska Ayu saat dihubungi detikcom, Serang, Kamis (10/1/2019).



Menurutnya, ada 18 fasilitas kesehatan di Serang yang melayani pasiens BPJS Kesehatan. 6 rumah sakit milik pemerintah seperti RSUD dan 12 rumah sakit swasta. Ke-18 rumah sakit tersebut, masih bekerja sama untuk memberikan pelayanan.

"Ada 18 fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan. Peserta JKN tidak dibatasi dan tidak boleh ada perbedaan, pelayanan diberikan sesuai kelasnya," ujarnya.

Kabar pemutusan kerja sama pemberian pelayanan BPJS Kesehatan dan rumah sakit sendiri terjadi sejak 2 Januari 2019. Hal ini terkait karena ada rumah sakit yang belum mendapatkan akreditasi.

"Akreditasi sesuai regulasi adalah syarat wajib. Diharapkan rumah sakit dapat memenuhi persyaratan tersebut," kata Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma'ruf beberapa waktu lalu.

(bri/fds)
News Feed