Kamis, 10 Jan 2019 17:12 WIB

Tonjolan Urat Usai Olahraga Seperti di Pelipis Sandi Uno, Berbahaya?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Sandiaga Uno punya varises di pelipis. Foto: ilustrasi/iStock Sandiaga Uno punya varises di pelipis. Foto: ilustrasi/iStock
Jakarta - Warganet gaduh melihat video yang diunggah di akun Instagram Sandiaga Uno, di mana pembuluh darah Sandi tampak menonjol. Oleh sebagian orang, tonjolan tersebut dipercaya mirip dengan lafaz Allah.

Tonjolan pembuluh darah saat berolahraga sebenarnya bukan hal yang jarang terjadi. Akan tetapi, berbahayakah kondisi tersebut? Spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto SpKO, menjelaskan bahwa pada batasan tertentu kondisi yang juga disebut varises itu sebenarnya cenderung aman.

"Dalam batasan tertentu nggak apa-apa, kita tentu bisa melihat pada betis, pada punggung tangan, itu sering kita melihat,tapi orangnya tenang-tenang saja dan nggak apa-apa. Nggak bahaya kok," jelas dr Michael.

Meskipun begitu, tetap saja ada kemungkinan seseorang yang memiliki varises mengalami pendarahan yang cukup besar karena kecelakaan yang membuat dia terluka.


Selain pada pelipis, punggung tangan, atau betis, varises bisa terbentuk di mana saja termasuk organ kemaluan. Untuk varises yang berada di vagina, ini terbilang berbahaya karena ketika melahirkan dan menimbulkan luka (entah karena tekanan dari kepala bayi atau lainnya), vena bisa membesar. Kalau sudah begitu, solusinya bisa dengan cara caesar untuk menghindari pendarahan.

"Kemaluan laki-laki pun banyak pembuluh darahnya. Tapi itu jauh lebih aman dibandingkan dengan wanita yang melahirkan dan pada vaginanya itu mempunyai varises yang banyak karena kemungkinan terlukanya yang besar," tambahnya.

(ask/up)
News Feed