Kamis, 10 Jan 2019 19:20 WIB

Mengapa Bisa Muncul Tonjolan Urat Seperti di Pelipis Sandiaga?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
ada banyak hal yang bisa melatarbelakangi timbulnya tonjolan urat pada bagian tertentu. (Foto: iStock) ada banyak hal yang bisa melatarbelakangi timbulnya tonjolan urat pada bagian tertentu. (Foto: iStock)
Jakarta - Warganet dihebohkan dengan tonjolan pembuluh darah yang muncul di pelipis Sandiaga. Tonjolan tersebut disebut membentuk lafaz Allah oleh sebagian orang.

Mengapa tonjolan urat yang muncul seperti yang ada pada pelipis Sandiaga bisa terjadi? Spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto SpKO, menuturkan ada banyak hal yang bisa melatarbelakangi timbulnya varises pada bagian tertentu. Misalnya, tensi yang tinggi atau tekanan lain, atau memang karena ada sumbatan pada area tersebut.

"Misalnya kita berangkat kantor lewatin jalan utama, kalau enggak bisa lewatin jalan utama, macet, kita lewat jalan yang kecil, pokoknya sampai. Nah, hal yang sama terjadi pada jantung dan pembuluh-pembuluh darahnya. Kalau ada tekanan, sehingga tidak bisa melewati karena macet, pembuluh darah yang ini tekanannya tinggi dia akan menbuka jalur baru. Di situlah terjadi pembuluh darah vena melebar menjadi varises," jelas dr Michael.



Tapi, bisa tidak tonjolan tersebut dihilangkan, dok?

"Teorinya kita kan melewati jalan utama lagi (kalau tidak macet), dan tidak lewat jalan-jalan kecil itu lagi karena belum tentu itu deket, yang pasti lebih sempit. Jadi, kalau tekanan di pembuluh darah tadi menjadi normal, mungkin tidak akan melewati varises itu lagi. Tapi jalur itu sekali terbentuk akan tetap ada," tandasnya.

(ask/up)