Kamis, 10 Jan 2019 20:00 WIB

Republik Zambia Larang Penjualan Minuman Energi yang Sebabkan Ereksi

Firdaus Anwar - detikHealth
Minuman energi di Zambia membuat para pria mudah ereksi. (Foto: Thinkstock) Minuman energi di Zambia membuat para pria mudah ereksi. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Minuman energi biasanya dikonsumsi untuk membuat mata lebih terjaga, mencegah kantuk, atau meningkatkan fokus. Namun di Republik Zambia ada keluhan di mana produk minuman energi yang dijual bebas malah membuat para pria ereksi.

Pihak berwenang di Zambia menerima laporan bahwa minuman bernama Natural Power SX menyebabkan seorang konsumen ereksi sampai enam jam. Hasil tes yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Uganda mengungkap sampel minuman tersebut mengandung sildenafil sitrat.



Sildenafil sendiri adalah zat yang biasa digunakan untuk obat-obat disfungsi ereksi seperti viagra dan di banyak tempat penggunaannya diatur ketat harus dengan resep dokter. Menanggapinya pihak berwenang di Zambia sudah melarang penjualan dan penyebaran minuman energi Natural Power SX.

Manajer Umum Revin Zambia, Vikas Kapoor, selaku produsen terkait mengaku sepengetahuannya tidak ada produk yang menggunakan obat-obatan. Pihak perusahaan akan bekerja sama menghentikan produksi dan melakukan investigasinya sendiri sambil menunggu investigasi dari pihak berwenang.

"Petugas dari tiga institusi sedang mengumpulkan sampel bahan mentah dan produk yang sudah jadi di lapangan. Tes analisa akan menentukan kebenaran dari klaim," ujar pernyataan dari BPOM Zambia seperti dikutip dari BBC, Kamis (10/1/2019).

"Hasil investigasi akan dikomunikasikan ke publik secepatnya," lanjut pernyataan.

(fds/up)
News Feed