Jumat, 11 Jan 2019 14:31 WIB

Idap Kondisi Langka, Gadis Ini Sama Sekali Tak Bisa Dengar Suara Cowok

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Seorang gadis mengalami gangguan pendengaran pada frekuensi rendah (Foto: thinkstock) Seorang gadis mengalami gangguan pendengaran pada frekuensi rendah (Foto: thinkstock)
Jakarta - Seorang gadis di China mengalami masalah dengan sistem pendengarannya. Hanya bisa mendengar suara dengan frekuensi tertentu, dan suara cowok termasuk yang tak bisa didengarkan olehnya.

Dokter mendiagnosis Chen, demikian gadis ini disebut, mengalami tipe gangguan pendengaran reverse-slope hearing loss atau low frequency hearing loss. Dengan kondisi ini, ia cuma bisa mendengar suara dengan frekuensi tinggi.

Dipercaya 1 dari 13.000 orang dengan gangguan pendengaran juga mengalami hal ini. Dipercaya juga, stres bisa berkontribusi sebagai faktor pemicu.

Gadis asal Xiamen, 716 kilometer (km) dari Hong Kong, ini awalnya mengalami mual dan telinga berdenging. Tidak ada masalah dengan kurang tidur, hingga tiba-tiba suatu pagi ia tidak bisa mendengar suara pasangannya sendiri.



Chen bergegas memeriksakan diri di Qianpu Hospital dan ditangani oleh seorang dokter THT (Telinga Hidung dan Tenggorokan). Anehnya, ia tetap bisa mendengar tiap kata yang diucapkan oleh dokter THT yang kebetulan berjenis kelamin wanita.

"Dia bisa mendengar saat saya bicara padanya, tapi ketika seorang pasien laki-laki mendekat, dia tidak bisa mendengar sama sekali," jelas Dr Lin Xiaoqing yang merawat Chen, dikutip dari Dailymail.

Kondisi ini, menurut Dr Lin sulit didiagnosis karena umumnya pasien maupun tenaga kesehatan tidak menyadari adanya gangguan semacam ini. Dalam kasus ini, diyakini stres sebagai pemicunya, mengingat Chen tengah banyak kerja lembur.

(up/up)
News Feed