Jumat, 11 Jan 2019 16:32 WIB

Potret Ular Piton dengan Ratusan Kutu Parasit Ini Bikin Merinding

Firdaus Anwar - detikHealth
Ada beberapa ekor kutu tampak bulat penuh terisi darah. (Foto: BBC) Ada beberapa ekor kutu tampak bulat penuh terisi darah. (Foto: BBC)
Jakarta - Kalau kamu pernah punya masalah kutu mungkin tahu rasanya dihinggapi parasit satu ini. Gigitan kutu sering memicu gatal dan menyadari kenyataan ada mahluk lain yang sedang menghisap darah kita tentunya bisa terasa tidak nyaman.

Terkait hal tersebut petugas hewan liar di Queensland, Australia, menemukan seekor ular piton karpet yang tubuhnya penuh dengan kutu. Ular ditangkap saat sedang berada di kolam renang pribadi warga setempat.



Penangkap ular Tonny Haris mengatakan ada lebih dari 500 ekor kutu yang diangkat dari tubuh ular. Menurut Tonny kemungkinan sang reptil berusaha sendiri menyingkirkan para kutu dengan menenggelamkan mereka.

"Jelas ular itu merasa sangat tidak nyaman... Rasanya seperti memegang sebungkus kelereng yang bergerak-gerak di tangan" kata Tonny seperti dikutip dari BBC, Jumat (11/1/2019).

Ahli biologi Bryan Fry dari University of Queensland mengatakan kemungkinan sang ular sebelumnya sudah memiliki penyakit. Alasannya karena sama seperti pada manusia, imun tubuh yang rendah akan membuat parasit jadi lebih mudah menyerang dan berkembang biak.

"Jelas hewan itu sedang sakit serius karena sistem pertahanan tubuhnya begitu rusak," komentar Bryan.

(fds/up)
News Feed