Jumat, 11 Jan 2019 17:52 WIB

Sering Menghentakkan Kaki saat Mendengarkan Lagu? Ada Alasan di Baliknya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Alasan mengapa tubuh bergoyang saat mendengarkan musik. Foto: Hanif Hawari Alasan mengapa tubuh bergoyang saat mendengarkan musik. Foto: Hanif Hawari
Jakarta - Ketika mendengarkan lagu favoritmu, tanpa sadar kamu menggelengkan atau menganggukkan kepala. Kaki juga ikut dihentakkan karena tanpa sadar terbawa oleh irama musik.

Profesor Rolf Inge Godoy dan rekan penelitinya dari University of Oslo mengeksplor teori mengenai hubungan antara suara musik dan gerakan tubuh. Penelitian ini kemudian dipublikasikan di Journal of New Music Research.

Studi sebelumnya pun telah menunjukkan bahwa orang cenderung merasakan kesamaan antara suara dan gerak tubuh ketika mendengarkan musik. Inilah yang disebut 'teori persepsi motor', yang mengklaim hal tersebut berakar dari kognitif manusia.


Berdasarkan teori, agar kita bisa memahami sesuatu, kita akan secara aktif menirukan gerakan yang terkait dengan gerak sensorik yang sedang dicoba diproses. Jadi, ketika kita mendengarkan musik, kita cenderung secara mental mensimulasikan gerakan tubuh, semisal menghentakkan kaki atau menjentikkan jari sesuai irama musik.

"Gerakan yang terkait dengan musik meninggalkan jejak di benak kita dan bisa dianggap sebagai semacam representasi bentuk," kata Prof Godoy.

"Gambar-gambar dari gerakan yang menghasilkan suara secara aktif diciptakan kembali ketika mendengarkan, maka gagasan bahwa teori motorik dapat menjadi dasar untuk kesamaan antara suara dan gerakan tubuh ketika kita mendengarkan musik."

Meskipun begitu, para peneliti berharap bisa melakukan studi skala besar untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang bagaimana suara dan gerak dihubungkan dalam pengalaman musik yang berbeda. Demikian dikutip dari Daily Mail.

(ask/up)
News Feed