Minggu, 13 Jan 2019 18:01 WIB

Bantu Korban Luka dalam Perang Suriah, Pemerintah Inggris Kirim Belatung

Rosmha Widiyani - detikHealth
Belatung yang digunakan untuk perawatan luka. Foto: BBC Belatung yang digunakan untuk perawatan luka. Foto: BBC
Jakarta - Pemerintah Inggris mengirimkan belatung untuk korban perang Suriah. Bantuan ini merupakan bagian program Department for International Development (DFID) senilai 250.000 dolar Amerika atau setara Rp 3 miliar. Belatung dipercaya bisa membantu menangani berbagai derajat cedera pada korban perang.

"Korban konflik dan krisis kemanusiaan kerap tak mendapat penanganan luka dengan baik. Padahal luka tersebut bisa sembuh cepat dan mudah bila segera ditangani. Belatung atau maggot yang telah digunakan sejak perang dunia I berpotensi bisa kembali mempraktikkan penanganan luka," kata Sekretaris Pembangunan Internasional DFID Penny Mordaunt dikutip dari Daily Mail.


Para korban atau mereka yang selamat dalam perang berisiko tewas akibat serangan, atau mengalami infeksi sekunder yang berujung amputasi. Sementara korban yang tidak bisa bergerak akibat cedera punggung berisiko tewas akibat infeksi karena berbaring terlalu lama di rumah sakit. Pengiriman belatung diharapkan bisa mempercepat penanganan luka, tanpa harus menunggu kedatangan bantuan medis yang kerap sulit diakses.

Tentunya, tidak sembarang belatung digunakan dalam penanganan luka. Belatung mengalami proses disinfektasi terlebih dulu untuk mencegah risiko menularkan infeksi lain melalui luka. Belatung selanjutnya ditempatkan dalam kantung serupa jala sebelum ditempatkan pada bagian tubuh yang terluka. Belatung sebetulnya lebih efektif bila dilepas daripada ditaruh dalam kantung, namun pasien dikhawatirkan cemas jika melihat ulat gemuk jalan-jalan di bagian tubuh yang terluka.

Belatung tentunya tidak langsung makan seluruh jaringan tubuh yang terluka. Belatung menghasilkan liur yang mengandung enzim untuk mengolah bakteri dan jaringan kulit yang mati. Belatung telah mendapat persetujuan sebagai perangkat medis pada 2004 dari Food and Drug Administration (FDA) untuk luka kronis atau yang tidak bisa sembuh. Terapi belatung menjadi salah satu yang ditawarkan National Health Security (NHS) untuk menangani luasnya jaringan kulit yang mati (gangrene).

(up/up)
News Feed
CNN ID
×
Layar Demokrasi
Layar Demokrasi Selengkapnya