Senin, 14 Jan 2019 19:02 WIB

Antara Jijik dan Kagum, Minum Urine Sendiri Demi Kesehatan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ada yang percaya kalau minum urine bermanfaat untuk kesehatan. (Foto: Pradita Utama) Ada yang percaya kalau minum urine bermanfaat untuk kesehatan. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Mantan kontestan Mr Universe dan Mr North Amerika, John DePass, mungkin tak pernah mengira akan memilih gaya hidup yang terbilang ekstrim. DePass merasa kondisi tubuhnya semakin baik setelah 6 bulan minum air urine sendiri, serta tidak makan apapun selama 6 hari. DePass hanya makan karbohidrat atau olahan daging yang dimasak sendiri pada akhir minggu.

DePass makan buah, minum jus tanpa gula, makan sayur, atau minum urinenya sendiri bila merasa lapar atau haus selama 6 hari tersebut. Dengan pengaturan ini, DePass hanya mengonsumsi 3 ribu kalori per minggu yang jauh lebih kecil daripada porsi sebelumnya sebesar 5 ribu per hari. DePass merasa tubuhnya baik-baik saja meski jumlah total asupan kalori banyak berkurang.

"Saya sebetulnya sempat mencoba diet urine 2 tahun lalu, namun manfaatnya baru dirasakan selama 6 bulan belakangan. Saya menyebut gaya hidup ini sebagai unfoodie dari Senin hingga Kamis, untuk Jumat saya makan buah dan smoothie, makan sayur di hari Sabtu, dan mengonsumsi hidangan lain bersama anak serta istri di hari Minggu," kata DePass yang kini berprofesi sebagai konsultan penurun berat badan dikutip dari Daily Mail.



Menurut DePass, urine mengandung antibodi yang membantu memperkuat daya tahan tubuh. Antibodi juga membantu kerja sistem pencernaan, kecukupan asam amino, vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh. Urine juga mengandung komponen nutrisi lain sesuai kebutuhan tubuh.

Menurut DePass, istrinya Dora DePass dan tiga anaknya sempat tak yakin dengan minum urine sebagai bagian dari hidup sehat. Namun saat ini, sang istri memilih diam saja karena DePass telah merasakan manfaatnya. DePass sendiri tak ingin memaksa keluarganya mengikuti pola hidup sehat dengan minum urine sendiri. Hal serupa dilakukannya terhadap para klien yang dibantu untuk menurunkan berat badan.

"Saya mengerti kenapa mereka sempat meragukan jalan yang saya pilih. Jika saya di posisi mereka, mungkin tindakan yang saya pilih akan sama. Namun saya fokus terhadap diri sendiri untuk tetap sehat dalam waktu lama, serta selalu bisa berinteraksi dengan keluarga serta lingkungan sekitar," kata DePass.

Pola hidup sehat dengan minum urine sendiri atau urotherapy hingga kini masih menimbulkan kontroversi. Ahli diet dan juru bicara British Dietetic Association Aisling Pigott mengatakan, urine adalah bagian dari limbah metabolisme tubuh yang harus dibuang. Minum urin bisa sangat berisiko bagi kesehatan tubuh. Namun Kepala Nutrisionis di NutriCentre Shona Wilkinson mengatakan, urine tidak beracun karena disaring 2 kali di hati dan ginjal.




Simak juga video 'Pot ini Mengubah Urine Menjadi Kompos':

[Gambas:Video 20detik]


Antara Jijik dan Kagum, Minum Urine Sendiri Demi Kesehatan
(up/up)