Selasa, 15 Jan 2019 06:45 WIB

Trauma Masa Kecil Bisa Pengaruhi Kesehatan Sperma Pria

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Stres bisa berdampak pada kualitas sperma. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Stres bisa berdampak pada kualitas sperma. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Beberapa hal diketahui dapat mempengaruhi kesehatan sperma pria, seperti konsumsi alkohol, obesitas atau perokok berat. Namun ada satu hal yang ditemukan oleh peneliti, yakni stres dan trauma masa kecil bisa mempengaruhi kadar sperma microRNAs, yakni molekul yang mengatur beberapa gen.

Dilaporkan Daily Mail, studi yang dilakukan oleh para peneliti di Tufts University ini mengukur kadar dari dua tipe microRNAs (miRNAs) pada 28 pria dewasa berkulit putih. Ditemukan bahwa kedua tipe ini tercatat rendah pada pria yang memiliki nilai tinggi di kuesioner yang digunakan untuk menilai paparan terhadap pelecehan dan trauma masa kanak-kanak.

Para peneliti menggunakan kuesioner Adverse Childhood Experiences (ACE) yang berisi 10 pertanyaan mengenai pengalaman soal stres hingga usia 18 tahun. Misalnya pelecehan fisik, verbal, atau seksual, serta penolakan fisik atau emosional.



Soal stres, memang sudah lama diketahui bisa menyulitkan pasangan untuk memiliki anak. Akan tetapi soal ini lebih ditujukan pada siklus ovulasi (pelepasan telur) pada wanita, bukan kesehatan sperma pria. Secara umum stres memang bisa membahayakan kesehatan fisik dan jiwa, baik pria maupun wanita.

"Studi terbaru menunjukkan (stres) bisa saja berdampak pada sperma juga dan, luar biasanya, stres dapat memberikan dampak dalam jangka panjang," kata Dr Zev Williams, profesor obstetri dan ginekologi dari Columbia University Medical Center di New York.

Oleh karena itu, mereka berencana untuk melakukan studi lanjutan yang lebih besar dan melibatkan lebih banyak pria. Dalam studi terbaru di masa depan ini, akan ditanyakan pula soal keadaan kejiawaan mereka, yang bisa berdampak pada kadar miRNA.



Simak juga video 'Demian Aditya dan Edison Bangkit Melawan Trauma':

[Gambas:Video 20detik]


Trauma Masa Kecil Bisa Pengaruhi Kesehatan Sperma Pria
(frp/up)