Rabu, 16 Jan 2019 11:32 WIB

Alasan Kenapa Cuci Tangan Bisa Hindarkan dari Penyakit Flu

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Jika tak ingin tertular flu maupun sedang terkena flu, seseorang disarankan lebih rajin mencuci tangan. Sebenarnya, apa tujuan di balik saran tersebut?

Perlu diketahui, tangan merupakan bagian tubuh yang sering digunakan untuk beraktivitas. Ketika tangan menyentuh banyak benda, bakteri pun semakin banyak bersarang di tangan.

"Virus flu akan menular melalui benda-benda di sekitar manusia melalui salah satu organ tubuh yang paling mobile, yaitu tangan. Kebersihan tangan akan membantu mencegah perpindahan virus dari tangan penderita ke tubuh manusia sehat lainnya," ujar Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi kepada detikHealth belum lama ini.


Apalagi ketika sedang flu, lanjut dr. Helmin, tangan sering digunakan untuk menutup mulut dan hidung ketika sedang bersin serta membuang ingus. Maka penting untuk rajin mencuci tangan agar orang sekitar seperti keluarga tak ikut terkena flu.

"Saat flu biasanya pasien akan sering batuk, bersin, dan pegang hidung sehingga memungkinkan virus bisa menempel di tangan penderitanya. Jika tangan tidak segera dicuci, kuman akan bertahan dan dapat berpindah ke orang lain dan benda di sekitarnya yang disentuh melalui tangan yang mengandung virus tersebut," jelasnya.

dr. Helmin mengatakan berbagai macam virus, kuman, dan bakteri yang ada di tangan bisa terhindarkan dengan mencuci tangan. Namun perlu diingat, jangan asal mencuci tangan. Dilansir dari NSW Health, mencuci tangan yang tepat dilakukan selama 10 detik di bawah air yang mengalir dan menggunakan sabun.


Selain lebih rajin mencuci tangan, penderita flu juga disarankan melakukan beberapa cara agar cepat sembuh dan tidak menularkan virus ke orang terdekat. Adapun caranya antara lain menggunakan masker dan mengonsumsi obat-obatan yang tepat.

"Mengatasi flu harus sesuai gejala. Pilih obat yang mengandung bahan aktif yang dapat mengatasi gejala yang sedang dialami, seperti penurun panas, bersin-bersin, sakit kepala, sakit menelan, dan apakah disertai batuk atau tidak," papar dr. Helmin.

Jika mengalami flu tanpa disertai batuk, segera atasi dengan Mixagrip Flu yang efektif meringankan gejala-gejala flu, seperti demam, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan sakit kepala. (prf/up)
News Feed