Rabu, 16 Jan 2019 15:47 WIB

10 Years Challenge Versi Penyintas Kanker, Inspiratif Bikin Merinding (1)

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Halaman 2 dari 4
1 Nicki Christ Virgo Sianturi (22)
Nicki adalah survivor kanker leukemia ALL. Foto: dok. pribadi

Nicki dinyatakan positif kanker tepatnya pada tahun 2000. Ia pun menjalani pengobatan selama 6 tahun sampai akhirnya menjadi survivor dari leukimia ALL.

"Jadi kan kanker ada protokol pengobatan, pernah sampai 5 kali ngulang, 3 kali dokter angkat tangan, salah transfusi darah, lambung bolong karena effect obat kanker, dan sempet lumpuh kaki sebelah kiri, dan akhirnya survive," kenang Nicki.

2009 adalah tiga tahun setelah kemoterapi terakhir. Ia masih kerap kontrol ke dokter dan makanan pun masih harus diatur.

"Kemana mana masih pake masker,dan effect dari obat kanker masih ada keliatan jelas (bekas infus). Terus juga kegiatan masih enggak boleh terlalu capek, upacara aja harus paling belakang supaya ga kepanasan," tambahnya.

Perjalanan panjang membawanya untuk menjalani kehidupan dengan normal. Ia pun kini sibuk ikut melakukan penyuluhan tentang kanker guna menyemangati teman-teman yang masih bergelut dengan kanker.

"Emang enggak keliatan kalau dulu pernah kena kanker, dan kebanyakan orang juga enggak percaya awalnya. Saya ikut ke banyak testimoni dan acara penyuluhan tentang kanker dan jadi bukti hidup kalau kanker bisa sembuh dan hidup dengan normal kayak anak lainnya," tandasnya.

(ask/up)