Rabu, 16 Jan 2019 15:47 WIB

10 Years Challenge Versi Penyintas Kanker, Inspiratif Bikin Merinding (1)

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Halaman 3 dari 4
2 Stellanni Forisa Porayow (23)
Stella kini menjadi seorang guru. Foto: dok. pribadi

Stella tidak akan lupa momen buruk yang menimpanya di tahun 2009. Saat itu, ia baru saja menjalani kemoterapi untuk mengalahkan kanker leukemia yang ia idap. Tak disangka, salah seorang temannya mengatakan hal buruk padanya. Ia dibuat malu di depan banyak orang sampai-sampai mendengar kata yang menyakitkan -- 'lebih baik kamu disuntik mati oleh dokter, kan kamu penyakitan'.

"Kata itu yang membuat saya merasa kecewa marah sempat pun bertanya, 'Tuhan kenapa saya harus mendapat penyakit seperti ini?'. Saya malu bisa-bisa ada yang nggak mau temenan sama aku. Aku nangis nutup muka terus cari angkot pulang," kenang Stella. Ia merasa sakit hati karena perjuangan mama dan papanya yang ia tahu pasti tidaklah mudah.

Namun kisah itu cukup membuatnya terpuruk saat itu saja, karena setelahnya ia bangkit dan bertekad menjadi orang yang kuat dan berguna. Meski sempat merasa takut tidak punya teman kalau menceritakan kisahnya sebagai survivor, ternyata ia justru semakin didekatkan dengan teman-teman sejatinya.

Kini, Stella menjadi seorang guru dan bahkan mendapatkan IPK tinggi saat lulus kuliah, yakni 3,72.

(ask/up)