Rabu, 16 Jan 2019 17:30 WIB

Saran Psikolog Biar Nggak Stres Saat Menonton Debat Capres

Rosmha Widiyani - detikHealth
Bagi sebagian orang, debat urusan politik bisa menghadirkan tekanan tertentu. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Para calon presiden (capres) akan mengadakan debat pertama pada Kamis, (17/1) mendatang. Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme menjadi topik yang akan diperbincangkan oleh kedua calon presiden pada debat babak satu ini.

Saat menonton debat capres, bisa saja akan muncul rasa kekhawatiran bahkan stres berlebihan. Menurut psikolog dari Universitas Indonesia, Bona Sardo, stres saat menonton debat bisa dipicu karena berbagai hal.



"Info saat debat memang jangan ditelan langsung, harus dicerna dulu. Jadi, tidak perlu langsung cemas atau khawatir," ujarnya saat dihubungi oleh detikHealth, Rabu (16/1/2018)

Bagi yang mudah stres dan tidak bisa mengontrol emosi, Bona menyarankan untuk tidak menonton debat capres yang disiarkan secara langsung. Memantau info melalui sosial media dirasa bisa cukup membantu.


"Kalau memang mudah stres atau cemas pas dengar info saat debat mending nggak usah nonton, daripada ganggu kondisi psikologis. Mending pantau sosmed, WA grup, atau berita besoknya di berbagai media," pungkasnya.

(kna/up)