Rabu, 16 Jan 2019 18:20 WIB

Saran Pakar Biar 10 Years Challenge Jadi Motivasi untuk Hidup Sehat

Firdaus Anwar - detikHealth
Saran pakar agar 10 years challenge bisa membuat kita makin bugar. Foto: dok. detikHealth
Jakarta - Tren 10 years challenge di media sosial ramai menarik perhatian warganet. Banyak orang mengunggah foto transformasi dirinya selama 10 tahun terakhir. Ada yang dulu gemuk menjadi kurus atau bahkan sebaliknya.

Praktisi kebugaran sekaligus ahli gizi Jansen Ongko, MSc, RD, menyebut tren 10 year challenge ini bisa dijadikan sebagai pengingat seperti apa gaya hidup kita selama ini. Jadikan masa lalu sebagai pembelajaran untuk bisa memperbaiki diri menjadi lebih baik.


Jansen juga mengingatkan agar orang-orang yang transformasinya mungkin tidak terlalu baik selama 10 tahun terakhir jangan jadi tertekan lalu merasa minder.

"Jangan jadikan perbandingan body image tapi review gaya hidupnya. Jadikan reminder bahwa kamu harus mulai menjalankan gaya hidup sehat, yang penting itu bukan tampaknya tapi prosesnya. Ingat proses mereka," kata Jansen kepada detikHealth pada Rabu (16/1/2019).

Di media sosial memang ada beberapa orang mengunggah foto saat dirinya bisa jadi lebih kurus, bugar berotot, atau seksi. Sementara itu di lain sisi ada juga yang mengunggah foto dirinya jadi lebih gemuk selama 10 tahun terakhir.

"Saya dulu kurus jadi gemuk, unfit jadi fit. Bukan itu tujuannya. Tapi sebagai pengingat 10 tahun ini apa saja yang sudah saya lakukan," kata Jansen.

"Mengingatkan para readers yang merasa dia enggak lebih baik jadi pengingat 'kamu harus ambil aksi untuk lebih baik'. Jadikan masa lalu sebagai pembelajaran," pungkasnya.

(fds/up)