Jumat, 18 Jan 2019 08:10 WIB

Bedanya Kelamin Ambigu 46,XY dengan Transgender di LGBT

Widiya Wiyanti - detikHealth
Beberapa orang terlahir dengan kelamin ambigu (Foto: iStock) Beberapa orang terlahir dengan kelamin 'ambigu' (Foto: iStock)
Topik Hangat Kelamin Ambigu 46,XY
Jakarta - Beberapa orang yang mengidap kelamin 'ambigu' atau 46,XY Disorders of Sex Development (DSD) dibesarkan sebagai perempuan karena saat lahir organ reproduksinya terlihat seperti perempuan. Namun saat beranjak remaja mulai terlihat tanda-tanda berkembangnya hormon laki-laki.

Tidak jarang mereka membuat permohonan ke pengadilan untuk mengubah jenis kelamin. Tidak jarang pula muncul stigma di masyarakat yang menyatakan bahwa mereka 'transgender'. Namun, dokter anak yang juga peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr dr Andi Nanis Sacharina Marzuki, SpA(K), mengatakan bahwa kelainan kelamin 'ambigu' tidak sama seperti transgender di LGBT (Lesbian Gay Bisexual Transgender).

"Masuknya di transgender, tapi jangan samakan dengan gay, lesbian. Ini kan ada hubungannya dengan genetik, bukan kemauan karena background psikologis sosial," ujarnya saat ditemui di Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Kamis (17/1/2019).



dr Nanis menjelaskan, seseorang yang mengubah jenis kelaminnya dengan cara operasi juga bukan disebut transgender, melainkan transesksualisme. Transgender sendiri umumnya dipahami sebagai seorang perempuan yang merasa bahwa dirinya laki-laki, atau sebaliknya, karena pengaruh psikologis atau sosial.

"Beda lagi kalau 46,XY DSD. Ini murni karena genetik. Memang sulit, bahkan mereka ada yang harus pindah sekolah dan pindah rumah untuk menghindari stigma," tandasnya.




Saksikan juga video 'Begini Prosedur Operasi Ganti Kelamin':

[Gambas:Video 20detik]


Bedanya Kelamin Ambigu 46,XY dengan Transgender di LGBT



(wdw/up)
Topik Hangat Kelamin Ambigu 46,XY