Jumat, 18 Jan 2019 19:02 WIB

Mesir Izinkan Penjualan Obat Pendorong Gairah Seks Wanita

Firdaus Anwar - detikHealth
Obat peningkat gairah seksual wanita flibanserin. Foto: BBC Obat peningkat gairah seksual wanita flibanserin. Foto: BBC
Jakarta - Mesir kini jadi negara Arab pertama yang mengizinkan produksi dan penjualan flibanserin. Obat tersebut sering dipakai untuk mengatasi masalah gairah seksual pada wanita.

Perusahaan farmasi yang memproduksinya mengatakan tiga dari 10 wanita di Mesir memiliki gairah seksual rendah. Tingkat perceraian tiap tahun meningkat dan laporan media setempat mengaitkannya dengan masalah gairah seksual tersebut.

"Pengobatan ini sangat dibutuhkan di Mesir, ini adalah revolusi," kata perwakilan perusahaan Ashraf Al Maraghy seperti dikutip dari BBC, Jumat (18/1/2019).


Kalau obat kuat pria bekerja dengan cara melancarkan peredaran darah ke penis, flibanserin di lain sisi meningkatkan gairah seks wanita dengan menyeimbangkan hormon di otak. Dampaknya mirip seperti antidepresan.

Terapis seks Heba Qotb namun tidak merekomendasikan flibanserin pada pasien. Menurutnya efikasi obat sangat minim tidak sebanding dengan risiko efek samping seperti menimbulkan tensi darah rendah yang berbahaya bagi pasien dengan kondisi jantung.

"Bagi wanita, seks adalah proses emosi. Semua bermula dari pikiran. Seorang wanita tidak akan pernah bisa memiliki hubungan intim yang sehat bila suami terus menyakitinya. Tidak ada obat yang bisa mengatasi ini," ungkap Heba.

(fds/up)