Jumat, 18 Jan 2019 20:02 WIB

Diperkirakan 1 dari 2.000 Bayi Lahir dengan Kelamin 'Ambigu'

Widiya Wiyanti - detikHealth
Jenis kelamin kadang berbeda dengan yang terlihat bergantung kromosom. Foto: iStock Jenis kelamin kadang berbeda dengan yang terlihat bergantung kromosom. Foto: iStock
Topik Hangat Kelamin Ambigu 46,XY
Jakarta - Kelamin 'ambigu' seperti 46,XY Disorders of Sex Development (DSD) atau kelainan perkembangan sistem reproduksi, memang jarang terdengar di telinga masyarakat. Tetapi penelitian baru-baru ini menemukan sekitar 37 dari 67 sampel yang diteliti positif mengalami kelainan tersebut.

Penelitian tersebut dilakukan oleh dokter endokrin anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr dr Andi Nanis Sacharina Marzuki, SpA(K) selama 3,5 tahun. Dengan rentang usia pasien mulai dari 40 hari hingga 47 tahun.

"Empat belas dari 37 itu (terdiagnosis) sudah masuk usia pubertas. Terdiagnosisnya terlambat, awalnya perempuan, begitu masuk pubertas hormon laki-lakinya keluar," ujarnya saat ditemui di Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Kamis (17/1/2019).


dr Nanis mengatakan bahwa tidak semuanya terlahir dengan organ kelamin perempuan, hanya 14 dari 37 orang. Sisanya memiliki organ kelamin 'ambigu' yang berada di tengah spektrum antara perempuan dan laki-laki.

Kelainan ini sangat jarang ditemukan, sehingga belum dipastikan berapa angka pasti orang yang mengidap kelainan genetik ini. Namun dr Nanis menyebut sekitar 1 antara 2.000 bayi lahir dengan kelainan tersebut.

"Nggak jelas, misal kalau laki-laki tapi lubang kencingnya nggak di ujung tapi di bawah. Kalau perempuan harusnya lubangnya 2, tapi kok hanya satu," tuturnya.

Agar tidak terlambat dalam mendiagnosis, dr Nanis menyarankan untuk setiap tenaga medis, baik dokter anak maupun bidan harus betul-betul teliti dalam menentukan jenis kelamin bayi. Jika terdapat ketidaksesuaian, diharapkan segera melakukan pemeriksaan, yaitu dengan analisis kromosom.

(wdw/up)
Topik Hangat Kelamin Ambigu 46,XY
News Feed