ADVERTISEMENT

Kamis, 24 Jan 2019 16:59 WIB

Habis Gowes, Lebih Sehat Makan Buah Ini Daripada Durian

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi durian. Foto: istock
Jakarta - Seorang pesepeda dikabarkan meninggal dunia usai memakan durian setelah sesi gowes atau bersepeda. Kabar ini beredar melalui pesan berantai yang viral. Dokter jantung menyebut makan durian usai gowes tidak bermasalah untuk jantung, asal tidak berlebihan.

"Makan duren setelah gowes ya nggak papa, tiga butir saja cukup. Durian tiga butir per hari sebenarnya jumlah yang ideal dan cukup untuk dimakan. Karena kalau lebih dari itu bahaya untuk yang ingin jaga berat badan. Kalau overweight maka ujungnya risiko serangan jantung akan meningkat," tutur dr Vito Damay, SpJP(K), FIHA, FICA, kepada detikHealth, Kamis (24/1/2019).

Akan tetapi walau tak masalah mengonsumsi durian usai gowes, dr Vito lebih menyarankan untuk makan buah lainnya seperti pisang atau semangka bila ada untuk mengembalikan cairan dan tenaga.


Ia mengingatkan setelah gowes bisa bersepeda santai dulu seraya melakukan pendinginan, kemudian saat berhenti lakukan relaksasi otot dengan gerakan ringan. Lalu dilanjutkan dengan meminum air bersuhu biasa.

"Yang penting justru sebelum gowes. Pastikan Anda sehat dengan melakukan skrining kesehatan. Sudden death atau kematian mendadak sering kali tampak pada orang yang terlihat sehat padahal sudah punya risiko penyakit jantung koroner atau stroke yang tanpa gejala," lanjutnya.

Soal pesepeda yang ada dalam kabar viral tersebut, bisa jadi memang pria tersebut sebelumnya telah memiliki penyakit jantung yang tidak diketahui sebelumnya.



Habis Gowes, Lebih Sehat Makan Buah Ini Daripada Durian
(frp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT