Jumat, 25 Jan 2019 12:46 WIB

Anies Sebut Ada 370 Kasus DBD di DKI, PMI Pastikan Stok Darah Aman

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi stok darah aman untuk kasus DBD. Foto: Pradita Utama Ilustrasi stok darah aman untuk kasus DBD. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ada 370 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Dan di berbagai wilayah lain pun kasus penyakit ini meningkat hingga menyebabkan kematian.

Pasien DBD biasanya membutuhkan trombosit untuk memperbaiki kondisinya, pihak Palang Merah Indonesia (PMI) pun menyatakan bahwa stok darah cukup hingga hari ini.

"Sampai hari ini masih mencukupi dan tidak kekurangan," ujar Ketua Bidang Unit Donor Darah dr Linda Lukitasari Waseso saat ditemui detikHealth di Markas Pusat PMI, Jakarta Selatan, Jumat (25/1/2019).



Linda mengatakan sampai saat ini, terutama di DKI Jakarta sudah ada permintaan namun tidak kekurangan. Untuk mengantisipasi kekurangan, menurut Linda adalah dengan mendonorkan darah.

"Sebenarnya antisipasi kekurangan kita harus mendonorkan darah, tidak ada yang lain. Seperti yang sudah saya sampaikan, darah itu cuma ada di tubuh kita," jelasnya.

Apabila sampai terjadi kekurangan, PMI pun akan dibantu oleh pihak TNI/POLRI, instansi terkait, dan beberapa mitra untuk mendapatkan suplai darah tambahan.




Tonton juga video 'DBD Ancam Jakarta, Anies Siapkan Ingub Khusus:

[Gambas:Video 20detik]


Anies Sebut Ada 370 Kasus DBD di DKI, PMI Pastikan Stok Darah Aman
(wdw/up)
News Feed