Minggu, 27 Jan 2019 13:25 WIB

Makna Ilmiah di Balik Garis Tangan, Seperti yang Dipamerkan Ahok-Puput

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ahok dan Puput pamerkan garis tangan yang sama. Foto: Dokumen Istimewa Ahok dan Puput pamerkan garis tangan yang sama. Foto: Dokumen Istimewa
Jakarta - Dalam sebuah video yang diunggah ke akun YouTube 'osotv channel', Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok menunjukkan garis tangan yang sama dengan dengan pasangannya, Puput Nastiti Devi. Hal ini diawali dengan sebuah percakapan dengan seorang temannya yang berkunjung kala ia masih mendekam di Mako Brimob.

"Datanglah teman, biasa orang Chinese garis tangannya harus sama, dia bilang gini, 'Mungkin lu akan jadi orang hebat, Hok, jadi orang kaya saat keluar. Istrimu yang dulu itu nggak punya nasib dampingin, kalau orang Chinese itu percaya, nggak bisa terima itu hoki,' makanya saya ninggal. Dia bilang, 'Makanya kamu harus bisa cari yang sama hokinya kamu, garis tangan sama,'" kata Ahok sambil menirukan pesan temannya saat itu, dikutip dari detikNews, Sabtu (26/1/2019).


Sebagian besar orang memang memercayai bahwa garis di telapak tangan kita bisa meramalkan masa depan lewat ilmu membaca garis tangan. Secara ilmiah, garis tangan disebut palmar flexion creases ada untuk membantu kulit tangan meregang dan mengerut serta memberi 'ruang' agar memudahkan kita memegang suatu benda.

Walau bukan masa depan, namun garis tangan juga bisa membantu mengidentifikasi beberapa kondisi medis tertentu, menurut Live Science. Adanya garis di telapak tangan kita mulai terbentuk saat minggu ke-12 janin berada di dalam rahim, dan terlihat saat lahir.

Kebanyakan manusia memiliki tiga garis atau prominent crease di telapak tangan, namun kadang ada juga yang mempunyai hanya satu garis atau single palmar crease. Dalam dunia medis, hal ini bisa mengindikasikan adanya perkembangan abnormal, biasanya muncul pada bayi yang memiliki kondisi Down syndrome.

Namun dokter tak bisa serta merta mendiagnosis seseorang hanya berbasis pada garis tangan, mereka harus melihat faktor-faktor lainnya sebelum memutuskan diagnosis. Ketebalan dan jumlah garis atau crease pada telapak tangan kita juga bergantung pada faktor lain seperti riwayat keluarga dan ras.





Tonton juga 'Romantis Amat! Ahok dan Puput Punya Panggilan Sayang':

[Gambas:Video 20detik]



Makna Ilmiah di Balik Garis Tangan, Seperti yang Dipamerkan Ahok-Puput
(frp/ask)
News Feed