Senin, 28 Jan 2019 20:10 WIB

Ayam Rekayasa Genetik Ini Hasilkan Telur Mengandung Obat Kanker

Firdaus Anwar - detikHealth
Ayam-ayam ini menghasilkan telur yang bisa dijadikan obat. (Foto: BBC/The Roslin Institute) Ayam-ayam ini menghasilkan telur yang bisa dijadikan obat. (Foto: BBC/The Roslin Institute)
Jakarta - Ketika teknologi rekayasa genetik semakin maju, peneliti memanfaatkannya untuk berbagai hal. Termasuk merancang ayam yang bisa bertelur 'obat' seperti dilakukan para peneliti di The Roslin Institute, Inggris.

Dr Lissa Herron sebagai salah satu peneliti mengatakan ayam telah disuntikan dengan genetik dari manusia sehingga bisa menghasilkan telur mengandung senyawa kimia atau protein tertentu. Telur-telur tersebut nantinya dapat dimanfaatkan untuk membuat obat rematik hingga kanker.



"Sejauh yang para ayam tahu, mereka cuma bertelur normal. Kesehatannya sama sekali tidak terpengaruh, makan minum seperti biasa, bertelur tidak ada yang berbeda," kata Lissa seperti dikutip dari BBC, Senin (28/1/2019).

Menurut peneliti biaya produksi obat bisa sampai 100 kali lebih murah ketika ditelurkan oleh ayam daripada dibuat pabrik. Ini karena fakta membuat kandang ayam lebih terjangkau daripada membuat fasilitas produksi pabrik.

Tiga telur ayam menurut peneliti cukup untuk memproduksi satu dosis obat. Dalam setahun seekor ayam bisa menghasilkan sampai sekitar 300 telur, sehingga bila jumlah ayamnya mencukupi tidak menutup kemungkinan dihasilkan secara komersil.

Lissa menjamin bahwa ayam-ayam dalam penelitian tidak menderita bahkan dimanjakan.

"Mereka tinggal di kandang yang sangat besar. Mereka diberi makan dan minum oleh teknisi terlatih sehingga bisa menikmati hidupnya," pungkas Lissa.

(fds/up)