Senin, 04 Feb 2019 11:31 WIB

Hari Kanker Sedunia

Bukan Hanya Radiasi, Pengidap Kanker Butuh Berbagai Jenis Terapi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Secara umum, pengobatan kanker bersifat kombinasi. (Foto: thinkstock) Secara umum, pengobatan kanker bersifat kombinasi. (Foto: thinkstock)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
Jakarta - Ada banyak jenis pengobatan kanker. Jenis-jenis perawatan yang tergantung pada jenis kanker dan seberapa efektif untuk menghilangkan sel kanker.

Secara umum, pengobatan kanker bersifat kombinasi. Tujuan dari pengobatan ini adalah untuk mencapai penyembuhan bagi kanker dan memungkinkan seseorang hidup sama seperti orang normal lainnya.

"Modalitas terbesar pengobatan kanker ada tiga, bedah onkologi, radioterapi dan kemoterapi. Biasanya dalam tiap jenis kanker, hampir tidak pernah diobati dengan hanya satu," kata Ketua Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN), Prof Dr dr Soehartati, SpRad, Onk.Rad, saat dihubungi oleh detikHealth belum lama ini.



Dalam proses pengobatan dan penyembuhan, ketiga tahapan ini biasanya dilakukan untuk memperbesar kemungkinan sembuh bagi pasien kanker. Seperti contoh, untuk kanker payudara pengobatannya yaitu operasi, radiasi, dan hormonal sistemik.

"Kecuali pada kasus stadium rendah, pengobatan bisa satu," tutupnya.




(kna/up)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
News Feed