Jumat, 08 Feb 2019 11:59 WIB

Dikritik Kulit Wajahnya Buruk, Kim Kardashian: Ini Psoriasis

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kim Kardashian dikritik kulit wajahnya buruk karena psioriasis. Foto: Getty Images Kim Kardashian dikritik kulit wajahnya buruk karena psioriasis. Foto: Getty Images
Jakarta - Baru-baru ini, Daily Mail memperlihatkan foto paparazzi dari Kim Kardashian dan memberi 'kritikan' bahwa ada beberapa bintik-bintik timbul di wajahnya serta menyebut 'hari kulit yang buruk'.

Tidak kurang dari 10 menit sejak twit itu diunggah pada 5 Februari lalu, Kim pun memberikan balasan yang mengungkapkan kondisi yang dialaminya sehingga kulit wajahnya tidak semulus biasanya.

"Ini psoriasis di seluruh wajah saya," tulisnya disertai dengan emoji sedih.



Dikutip dari Mayo Clinic, psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan kulit kering dan gatal-gatal. Namun tanda dan gejala pada setiap orang berbeda-beda.

Ada yang ditandai dengan kulit kering dan gatal, pecah-pecah bahkan berdarah, atau bercak kulit merah yang bersisik dan terasa terbakar.

American Academy of Dermatology (AAD) menyebutkan psoriasis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh mengirim sinyal salah yang memberi tahu sel kulit untuk tumbuh dengan cepat.

Nah, sel-sel kulit baru yang terbentuk lebih cepat dari biasanya itu menumpuk dan menyebabkan bercak pada kulit seseorang. AAD menegaskan bahwa psoriasis tidak menular tetapi terkait dengan genetik. Misalnya, jika ada riwayat psoriasis di keluarga, maka Anda lebih berisiko mengalaminya.



Sebelumnya pada tahun 2010, awal mula Kim didiagnosis psoriasis. Enam tahun berlalu, Kim mengeluh psoriasis yang awalnya muncul di kakinya menyebar ke wajahnya.

"Setelah bertahun-tahun, saya benar-benar belajar untuk hidup dengannya (re: psoriasis)," kata Kim dalam situs websitenya di akhir 2016.



(wdw/up)
News Feed