Sabtu, 09 Feb 2019 17:22 WIB

Kata Juara MotoGP Marc Marquez, Ini Pentingnya Latihan Keseimbangan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Pebalap MotoGP Marc Marquez bersama penggemarnya. Foto: Ridwan/detikOto Pebalap MotoGP Marc Marquez bersama penggemarnya. Foto: Ridwan/detikOto
Jakarta - Juara Dunia MotoGP Marc Marquez saat ini, Sabtu (09/02/2019) tengah berada di Bandung, Jawa Barat. Keberadaannya mendapat sambutan hangat publik dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Bertahan di arena kejuaraan dunia tentu bukan hal mudah. Namun pebalap dari Repsol Honda Team tersebut ternyata bisa terus berkarir dari tahun 2013 hingga kini. Dikutip dari Red Bull, salah satu tips Marquez bisa terus aktif adalah rutin latihan fisik untuk keseimbangan dan elatisitas tubuh.

"Saya mulai latihan dengan instruktur olahraga sejak berusia 11 tahun. Sejak saat itu sata fikus pada elastisitas dan keseimbangan tubuh. Tubuh yang terlatih memungkinkan kamu selamat saat berada di arena balap, jatuh, dan terguling," kata Marquez yang menjuarai MotoGP 2018 ini.


Marquez tidak fokus pada latihan tertentu untuk meraih keseimbangan dan elatisitas tubuh. Selain rutin ke gym, Marquez menggabungkan bersepeda, lari, dan latihan motocross. Latihan yang berbeda bisa menghindari rasa bosan dan melatih tubuh dengan berbagai kegiatan. Sebaliknya, tubuh sudah menghapal jenis latihan yang sama sehingga terasa lebih mudah dan tidak ada tantangan.

Pebalap 25 tahun ini fokus melatih lengan bagia atas dan perut untuk mempertahankan keseimbangan tubuh. MArquez juga tidak melakukan latihan beban yang terlalu berat.

Marquez hanya mengangkat beban secukupnya bergantung kondisi tubuh. Beban tersebut harus membantunya tetap bertahan di motor saat berada di tikungan tajam, menghindari tabrakan, serta geser kanan kiri saat di arena. Latihan juga harus membantu Marquez melakukan reaksi cepat saat beraksi di lapangan.

(ask/ask)
News Feed