Senin, 11 Feb 2019 14:12 WIB

Viral Foto Ali Ngabalin di RS dengan Kaki Dijepit Alat, Dokter: Itu EKG

Firdaus Anwar, Widiya Wiyanti - detikHealth
Ali Ngabalin yang fotonya di rumah sakit beredar di grup-grup WhatsApp. Foto: Ristu Hanafi/detikcom Ali Ngabalin yang fotonya di rumah sakit beredar di grup-grup WhatsApp. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Jakarta - Beredar foto Ali Mochtar Ngabalin di grup-grup WhatsApp, foto tersebut menunjukkan dirinya tengah terbaring di rumah sakit dengan alat medis yang terpasang di tubuhnya.

Telihat alat medis itu terpasang di kedua tangan dan kakinya melalui beberapa helai kabel. Sebenarnya, alat medis apakah itu?

"Itu EKG (Elektrokardiogram). Nggak ada alasan khusus memang EKG dipasang di tangan dan di kaki," kata dokter spesialis jantung, dr Vito A. Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA saat dihubungi detikHealth, Senin (11/2/2019).



Foto Ali Ngabalin yang terbaring di rumah sakit dengan alat EKG.Foto Ali Ngabalin yang terbaring di rumah sakit dengan alat EKG. Foto: Foto Ali Mochtar Ngabalin terbaring di ranjang rumah sakit yang viral (Dok. Istimewa)


Dokter spesialis jantung daru Rumah Sakit Jantung Binawaluya, dr Larasati Munawar, SpJP juga mengonfirmasikan alat yang sama. Ia menjelaskan bahwa bentuk alat EKG tidak semuanya sama.

"Kadang bentuk alatnya beda-beda, tapi prinsipnya sama untuk EKG," tuturnya.

EKG digunakan untuk mendeteksi adanya masalah jantung dan memantau aktivitas listrik jantung. Dikutip dari Mayo Clinic, EKG bekerja dengan mencatat waktu dan kekuatan detak jantung yang dipicu oleh impuls listrik yang biasanya dihasilkan dari sel-sel khusus jantung.

Biasanya alat ini ditempelkan di kulit dada, tangan, dan kaki, atau kadang anggota tubuh lain. Aktivitas listik akan dicatat dalam sebagai gelombang pada grafik.



Simak juga video 'Ngabalin Berani Mubahalah Pemerintah Tak Intervensi Ahmad Dhani':

[Gambas:Video 20detik]

(/up)
News Feed