Senin, 11 Feb 2019 20:03 WIB

Dilakukan Juga oleh Ali Ngabalin, Pentingkah Periksa Jantung dengan EKG?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ngabalin mengaku hanya periksa kesehatan saja dalam fotonya yang viral. (Foto: Hilda Meilisa Rinanda) Ngabalin mengaku hanya periksa kesehatan saja dalam fotonya yang viral. (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Jakarta - Ali Ngabalin menjadi perbincangan karena fotonya yang terbaring di rumah sakit dengan alat yang ditempel di pergelangan tangan dan kakinya. Alat tersebut ternyata EKG (elektroradiogram).

Alat EKG digunakan untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik jantung. Biasanya digunakan untuk memeriksa adanya masalah pada jantung. Jadi, pentingkah melakukan pemeriksaan dengan EKG ini?

"Skrining sih boleh saja seperti pada medical check up. Terutama bila ada keluhan," kata dokter spesialis jantung dari Rumah Sakit Jantung Binawaluya, dr Larasati Munawar, SpJP dalam perbincangan dengan detikHealth, Senin (11/2/2019).



EKG ini digunakan untuk mendeteksi kondisi serangan jantung, penyakit jantung koroner, pembengkakan jantung, aritmia (irama jantung abnormal, atau henti jantung.

Alat ini memiliki 10 sensor elektroda untuk dipasangkan di tubuh pasien. Tempat yang biasa dipakai untuk mengukur aktivitas listrik jantung ini ada di sekitar dada, tangan, dan kaki pasien.

Ada sensor yang bentuknya seperti stiker biasa ditempel ke dada dan ada juga yang bentuknya seperti penjepit biasa untuk tangan dan kaki.

dr Laras juga menjelaskan bahwa alat EKG berbeda-beda bentuknya. Bahkan ada versi mini yang bisa dibawa kemana-mana dengan bertenaga baterai yang disebut alat monitor Holter.

(wdw/up)