Rabu, 13 Feb 2019 19:26 WIB

Biar Cepat Pulih, Pasien Kanker Disarankan Jaga Pola Makan Seimbang

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pasien kanker disarankan untuk jaga pola makan seimbang. Foto: iStock Pasien kanker disarankan untuk jaga pola makan seimbang. Foto: iStock
Jakarta - Agar bisa cepat pulih dari sakit, pasien membutuhkan asupan gizi yang baik serta seimbang. Tetapi, tak sedikit pasien kanker memakan makanan yang tidak dipantau sehingga terkesan makan apa saja.

"Banyak orang makan yang justru kebalikannya, artinya alih-alih makan yang bikin dia pulih akhirnya makan sesuatu yang bikin dia cepat eneg. Misalnya makanan yang banyak gula," tutur Ahli Gizi, dr Tan Shot Yen di Rapat Kerja Kesehatan Nasional di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (13/2/2019).

Kebanyakan pasien kanker mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula atau lemak karena dianggap bisa membuat mereka terangsang untuk makan meski sedang tidak bernafsu.



"Makanan ini bikin kenyang cepat akhirnya makanan bergizi lainnya nggak muat. Yang mestinya pasien kanker harus lebih banyak makan makanan yang mengandung antioksidan, ada sayur dan buahnya tapi nggak kemakan karena ketutup sama makanan yang berlemak dan gula," tambahnya.

Pasien kanker tetap harus makan makanan yang sehat dan seimbang. Artinya yang semakin dekat dengan bentuk aslinya. Seperti buah dan sayur daripada jus atau singkong daripada makanan yang mengandung tepung.

"Di rumah sakit biasanya sudah menyiapkan makanan yang seimbang dan ada takarannya. Tetapi kadang nggak kemakan sama pasien karena dapat makanan dari penjenguk," pungkasnya.

(kna/up)