Jumat, 15 Feb 2019 12:25 WIB

Naik dari Tahun Sebelumnya, 670 Ribu WNI Berobat ke Malaysia pada 2018

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi rumah sakit. Foto: iStock Ilustrasi rumah sakit. Foto: iStock
Jakarta - Sudah tidak asing mendengar orang Indonesia yang melakukan pengobatan dan mendapatkan perawatan di rumah sakit luar negeri, misalnya di Malaysia dan Singapura.

Berdasarkan data Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) ada sekitar 670 ribu orang Indonesia yang berobat ke rumah sakit-rumah sakit di Malaysia di tahun 2018. Pasien dari Indonesia disebut mendominasi pasien asing yang berobat di Malaysia, yakni mencapai 60 persen.

"Peningkatannya setiap tahun itu 15-18 persen. Kebanyakan datang dari Medan, Surabaya, Jakarta pun ada juga," kata Farah Delah Suhaimi, Director & Market Development MHTC di Indonesia saat ditemui detikHealth di kawasan Jakarta Barat, Kamis (14/2/2019).



Farah mengatakan kebanyakan warga Indonesia yang berobat di Malaysia mengidap penyakit kanker, seperti kanker payudara dan kanker darah, kemudian penyakit jantung yang membutuhkan operasi.

"Bukan rumah sakit Indonesia nggak bagus, terkadang ada treatment atau equipment yang nggak ada di sini. Second opinian atau second choice kita mau dia datang ke Malaysia," tuturnya.

(wdw/up)
News Feed