Senin, 18 Feb 2019 10:35 WIB

Tes Fisik Sederhana Ini Bisa Memprediksi Risiko Serangan Jantung

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Salah satu tes sederhana untuk memprediksi kesehatan jantung adalah push up (Foto: iStock) Salah satu tes sederhana untuk memprediksi kesehatan jantung adalah push up (Foto: iStock)
Jakarta - Kondisi kesehatan jantung perlu diperiksa secara berkala, terlebih jika memiliki faktor risiko penyakit jantung. Jika belum sempat melakukannya, ada beberapa tes sederhana yang bisa dilakukan untuk memprediksi kondisi jantung.

Tentu tidak akan seakurat tes dengan elektrokardiografi (EKG) di rumah sakit. Tapi setidaknya kalau gagal melakukannya, maka bisa segera menyusun prioritas untuk check up jantung sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini detikHealth merangkum beberapa tes sederhana yang telah dibuktikan secara ilmiah.

1. Tes push up
Sebuah penelitian di Harvard T.H. Chan School of Public Health menyimpulkan bahwa pria yang sanggup melakukan push up sebanyak 40 kali sekaligus, punya risiko 96 persen lebih rendah untuk mengalami serangan jantung. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal JAMA Network Open.



2. Naik tangga
Naik tangga juga bisa menjadi tes simpel untuk mengukur kemampuan jantung. Untuk bisa dikatakan cukup fit, sebuah penelitian di Spanyol mengharuskan seseorang menaiki 4 susun anak tangga dalam waktu kurang dari semenit nonstop.



3. Jabat tangan
Para ilmuwan dari McMaster University di Kanada pernah meneliti kekuatan genggaman saat berjabat tangan dengan dynamometer. Mereka menyimpulkan, tiap penurunan 5 kilo pada kekuatan genggaman, risiko kematian akibat penyakit jantung meningkat 17 persen.



4. Ereksi
Para pria, kemampuan ereksi dan kesehatan jantung maupun sistem pembuluh darah sangat erat kaitannya. Ereksi terjadi apabila terjadi peningkatan aliran darah ke bagian vital pria. Bila itu tidak terjadi, maka artinya ada masalah pada sistem pembuluh darah. Penyumbatan di titik-titik vital bisa memicu serangan jantung.




Saksikan juga video 'Menepuk Lengan Kiri Dapat Atasi Jantung, Hoax atau Tidak?':

[Gambas:Video 20detik]

(up/fds)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya