Senin, 18 Feb 2019 16:19 WIB

Tanda Cedera Tulang Ekor Saat Jatuh Duduk dari Kursi

Ayunda Septiani - detikHealth
Tulang ekor terasa sakit setelah jatuh? Hati-hati risiko cedera serius. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Di media sosial viral kabar seorang anak Sekolah Menengah Atas (SMA) mengalami patah tulang ekor karena jatuh dari kursi. Diceritakan bahwa sang anak menjadi korban candaan teman-temannya yang menarik kursi saat hendak duduk.

Biasanya jika sudah terjatuh dari kursi, seringkali kita menyepelekan tanda-tanda sakit yang dirasakan. Padahal spesialis tulang dr Luthfi Gatam, SpOT(K) Spine, dari RS Fatmawati menjelaskan ada tanda cedera serius yang perlu diketahui.



"Habis jatuh, keesokan harinya atau 2 hari kemudian pasti terasa nyeri, nyerinya bisa terasa saat sedang duduk, di ujung ekor berasa sakit jadi kalau duduk biasanya dia miring ke kiri atau ke kanan, nyerinya bisa terasa lama," ujar dr Luthfi pada detikHealth, Senin (18/2/2019).

Lebih jauh dr Luthfi juga menjelaskan seseorang bisa juga merasa kesemutan hingga kesulitan buang air besar dan kecil bila tulang ekor patah.

Menurut dr Lutfhi pengobatan tulang ekor untuk kasus jatuh ringan seperti dari bangku pendek tidak terlalu rumit. Selama cedera pulih cukup gunakan bantal yang tengahnya bolong untuk pendukung bokong. Bantal seperti ini bisa dibuat dari ban dalam bekas.

Tulang ekor yang terasa sakit mungkin membutuhkan waktu sampai tiga bulan agar bisa pulih. Menurut dr Lutfhi tulang ekor termasuk tulang yang pertumbuhannya cenderung lama.

(fds/fds)