Selasa, 19 Feb 2019 08:01 WIB

Bagian Otak Ini yang Paling Mempengaruhi Orang Percaya Hoaks atau Tidak

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ada bagian otak yang berfungsi untuk menentukan pesannya hoaks atau tidak. (Foto: iStock) Ada bagian otak yang berfungsi untuk menentukan pesannya hoaks atau tidak. (Foto: iStock)
Jakarta - Ketika mendapatkan suatu pesan, ada bagian otak yang paling berperan dalam menentukan apakah pesan tersebut dapat kita percaya atau tidak. Bagian tersebut disebut dengan amygdala, yakni bagian otak yang berperan dalam mengolah rasa cemas, rasa takut, dan emosi lainnya.

"Terutama ketakutan. Jadi takut dikontrol sangat besar oleh amygdala. Semua informasi disaring dulu dari amygdala karena itu bagian otak primitif, dari semua makhluk hidup termasuk hewan," kata Dr Berry Juliandi, Msi, Sekretaris Jendral Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI), saat ditemui usai acara 'The Science Behind Hoax', Senin (18/2/2019).

Ketika seseorang merasa informasi tersebut tidak cocok atau mengganggu kepercayaannya, maka informasi tersebut bisa terhenti di bagian amydala tersebut tanpa harus mencari lebih dalam lagi. Dengan kata lain, otak menolak isi informasi yang ditawarkan pesan tersebut.

Namun, jikalau informasi tersebut dirasa sesuai dengan apa yang ia percayai atau polarisasi yang melekat dengannya (kebiasaan yang terbentuk karena panduan dari kelompok yang ia ikuti), informasi tersebut akan lanjut diproses ke bagian otak depan.



Dr Roby Muhamad, Ilmuan Sosial dari Universitas Indonesia dalam tempat yang sama turut menambahkan bahwa proses yang terjadi pada amygdala pun terjadi dengan sangat cepat.

"Isu-isu yang membagikan ketakutan dan harapan men-trigger apa yang disebut amygdala. Otak itu kan dari belakang ke depan, makin depan makin canggih. Informasi apapun amygdala dulu yang seleksi, kalau ada asosiasi misalnya dengan partai PDIP dia langsung nolak. Kalau lolos, dia akan diteruskan ke otak bagian tengah, relevan atau enggak dengan hidup kita," jelas Dr Roby.

"Itu reaksinya pun cepat sekali. Sama seperti kita lihat ular langsung menjauh. Jadi yang pertama muncul ada di amygdala, kalau relevan masuk ke korteks."

(ask/up)