Selasa, 19 Feb 2019 09:21 WIB

Bercanda Tarik Kursi Lalu Terjengkang dan Cedera, Bolehkah Diurut?

Ayunda Septiani - detikHealth
Jika alami cedera tulang ekor, tidak disarankan untuk ke tukang urut. (Foto: iStock) Jika alami cedera tulang ekor, tidak disarankan untuk ke tukang urut. (Foto: iStock)
Topik Hangat Bercanda Tarik Kursi
Jakarta - Bercanda dengan menarik kursi saat ada orang duduk mungkin terlihat lucu, tetapi bisa berakibat sangat fatal. Bila jadi korban, tidak dianjurkan untuk diurut.

Ahli tulang punggung dr Luthfi Gatam, SpOT(K)Spine dari RS Fatmawati menyarankan ketika mengalami cedera gara-gara jatuh dari tempat duduk, sebaiknya segera periksa. Dokter bisa melakukan foto rontgen untuk memastikan kondisi tulang belakang.

"Jangan langsung di bawa ke tukang urut, takutnya malah makin memburuk," ujar dr Luthfi dalam perbincangan dengan detikHealth.



dr Luthfi juga mengatakan, manusia mempunyai keterbatasan untuk melihat bagian dari dalam tubuh sendiri. Jika ada tulang yang patah, lalu dibawa ke tukang urut, otomatis tulang tersebut akan diurut. Namun, jika diurut-urut tulangnya malah bergeser, setelah itu semakin susah untuk mengembalikannya.

Mengingat bahayanya yang sangat serius, bercanda dengan menarik kursi agar orang lain jatuh sangat dilarang. Tulang belakang hingga tulang ekor memiliki berbagai saraf yang bisa rusak bila mengalami cedera.

(up/up)
Topik Hangat Bercanda Tarik Kursi