Selasa, 19 Feb 2019 10:22 WIB

Agar Tulang Kuat, Konsumsi 5 Makanan Sumber Terbaik Vitamin D Ini (2)

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Vitamin D merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. (Foto: thinkstock) Vitamin D merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Vitamin D merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Dengan asupan vitamin ini, tulang dan gigi kita bisa semakin kuat, sistem imun, saraf dan otak meningkat, mengatur kadar insulin serta memperbaiki fungsi paru dan kesehatan kardiovaskular.

Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah, lewat berjemur sinar matahari pagi setidaknya 10 menit yang akan memicu produksinya di dalam tubuh. Namun kamu juga bisa mendapatkannya lewat 5 makanan berikut ini:



1. Udang

Menjadi salah satu boga bahari terpopuler, udang diketahui rendah lemak dan kaya akan vitamin D, yakni 152 IU per sajiannya. Udang juga mengandung asam lemak omega-3.

Walau sering disebut menjadi penyebab naiknya kadar kolesterol, namun para ahli menyatakan bahwa 152 mg kolesterol per sajian udang tidak termasuk kategori mengkhawatirkan, demikian dilaporkan situs Healthline.

2. Kuning telur

Tak hanya boga bahari, namun telur juga menjadi salah satu sumber terbaik dari vitamin D dan juga dereta nutrisi lainnya. Protein banyak ditemukan dalam putih telur, sementara lemak, vitamin dan mineral banyak ditemukan pada bagian kuningnya.

Satu butir kuning telur dari ayam yang diternakkan di dalam ruangan mengandung 18-39 IU. Sementara, ayam yang diternakkan di luar ruangan dan terkena sinar matahari memiliki kadar 3-4 kali lebih tinggi.

3. Jamur

Jamur menjadi satu-satunya sumber vitamin D yang berasal dari tanaman. Seperti manusia, sinar matahari memicu proses sintesis vitamin D di dalam jamur.

Berbeda dengan hewan yang memproduksi viamin D3, jamur memproduksi vitamin D2. Walau vitamin D2 bisa meningkatkan kadar darah dalam vitamin D, ia tak seefektif vitamin D3. Namun vitamin D2 dalam jamur liar mengandung 2.300 IU per 100 gram sajian.

4. Susu dan jus jeruk

Sumber alami vitamin D memang terbatas, apalagi jika kamu tak menyukai ikan. Untungnya ada beberapa produk alami lainnya yang difortifikasi dengan vitamin ini, seperti susu sapi, susu kedelai dan jus jeruk.

Sebagai jenis susu yang hampir diminum semua orang, susu sapi juga menjadi sumber yang baik untuk banyak nutrisi, seperti kalsium, fosfor dan riboflavin. Dalam 237 ml susu sapi terkandung 130 IU vitamin D.

Susu kedelai menjadi salah satu pilihan bagi vegetarian, karena banyak vitamin D ditemukan dalam produk hewani. 237 ml susu kedelai mengandung 99-119 IU vitamin D, dan jika kamu memiliki intoleransi laktosa, jus jeruk bisa menjadi pilihanmu dengan 142 IU per 237 ml.

5. Sereal dan oatmeal

Beberapa merek sereal dan oatmeal instan kerap difortifikasi dengan vitamin D. Dalam 64 gram dari kedua makanan tersebut dapat memenuhi asupan vitamin D antara 55 - 154 IU, atau 25 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Walau tak sebanyak sumber yang alami, namun tetap bisa menjadi pilihan untuk mendorong asupan harianmu.

(frp/up)