Rabu, 20 Feb 2019 07:02 WIB

Tren Pasang Veneer Abal-abal di 'Salon Gigi', Murah Tapi Mematikan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sembarangan pasang veneer gigi bisa berbahaya (Foto: iStock) Sembarangan pasang veneer gigi bisa berbahaya (Foto: iStock)
Topik Hangat Tren Veneer Abal-abal
Jakarta - Tren pasang veneer nampaknya sedang menjamur di masyarakat. Dalam ilmu kedokteran, veneer adalah lapisan porselen tipis yang dibuat agar pas di permukaan gigi.

Warna veneer yang nampak seperti porselen inilah yang memikat hati para konsumen untuk memakai jasa para tukang gigi untuk memperindah gigi dan alasan estetika lainnya.

"Banyak pasien bahkan dokter gigi yang akhirnya mengeluh setelah datang ke tukang gigi," tutur drg Rifqie Al Haris, admin @korbantukanggigi, saat dihubungi detikHealth, Selasa (19/2/2019).



Dalam akun @korbantukanggigi, beberapa postingan terakhir merujuk pada tren veneer yang dilakukan pada 'salon gigi'. Banyak alasan yang mendasari, sekedar ikutan tren atau menutupi rusaknya gigi.

Sayangnya, masih banyak yang tidak memperhitungkan risiko dari pemasangan veneer 'abal-abal'. Mulai dari infeksi bakteri bahkan kanker mulut.

"Veneer adalah perawatan one way ticket. Email gigi yang terkikis tidak akan pernah kembali lagi ke kondisi awal. Kerusakannya permanen. Maka veneer adalah komitmen seumur hidup," tulisnya dalam akun tersebut.

drg Rifqie menambahkan, tren perawatan salon gigi saat ini tersebar begitu pesat. Berbanding lurus dengan efek samping juga wabah penyakit menular akibat penggunaan jarum suntik sembarangan.

Kamu pernah mengalami kejadian kurang menyenangkan nggak sehabis dari 'salon gigi'? Komen di bawah ya!



Simak Juga 'Ini Loh 2 Kandungan Kopi yang Menyebabkan Gigi Kuning':

[Gambas:Video 20detik]


Tren Pasang Veneer Abal-abal di 'Salon Gigi', Murah Tapi Mematikan
(kna/up)
Topik Hangat Tren Veneer Abal-abal