Kamis, 21 Feb 2019 14:26 WIB

AHY Sebut Ani Yudhoyono Kini Fokus Kemoterapi untuk Hancurkan Kanker Darah

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ani dan AHY. Foto: Instagram Agus Yudhoyono
Jakarta - Ani Yudhoyono sedang berjuang melawan kanker darah yang diidapnya. Istri dari mantan presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut tengah dirawat di sebuah rumah sakit di Singapura. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut kini Ani sedang fokus untuk kemoterapi.

"Takdir yang Maha kuasa, tidak bisa dijelaskan secara pasti dan sejak kapan [mengidap kanker], tiba-tiba ini dibilang cukup agresif. Oleh karena itu kami fokus dalam treatment kemo, terapi, baik injection atau oral. Mudah-mudahan bisa segera menghancurkan kanker darah yang ada di dalam," tuturnya, dikutip detikHealth dari insertlive.com, Kamis (21/2/2019).


Ani mulai dikabarkan masuk rumah sakit di Singapura sejak 2 Februari lalu. AHY menyebut di bulan Januari ibunya masih tampak sehat, bahkan ikut mengunjungi Sumatera Utara dan Aceh bersama SBY.

Video: Respons Ani Yudhoyono Usai Didiagnosis Kanker Darah

[Gambas:Video 20detik]



Menurut anak sulung Ani dan SBY ini, saat mendengar vonis kanker darah tersebut rasanya seperti mimpi. Ada rasa kalut dan galau yang dirasakan seluruh keluarga, ditambah mereka sangat awam soal kanker. Mengabarkannya ke keluarga besar juga sangat berat.

"Nggak pernah ada yang siap untuk menerima berita seberat itu. Saya tidak lupa penggalan cerita kehidupan ibu karena justru ibu cuma keluar sedikit air mata ketika mendengar [vonis kanker] itu. Selama puluhan tahun, 43 tahun lalu, ibu selalu mendampingi ke manapun dan itu saatnya Pepo (panggilan khusus untuk SBY) membayar itu semua, itu yang disampaikan Pepo kepada saya," tutup AHY.


Buka-bukaan AHY soal memo Bu Ani buat SBY ini bakal tayang di 'Insert Today' sore ini pukul 17.00 WIB. Jangan ketinggalan!
(frp/up)