Kamis, 21 Feb 2019 14:42 WIB

Yang Dikeluhkan Pasien Asuransi Kesehatan: Proses Konfirmasinya Lama

Akfa Nasrulhaq - detikHealth
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Setiap rumah sakit memiliki prosedur tertentu dalam melayani pasien, baik itu pasien umum maupun pasien yang menggunakan asuransi. Namun, pasien yang mengunakan asuransi kerapkali harus menunggu lama saat proses konfirmasi dari rumah sakit ke pihak asuransi.

Seperti dikatakan dr. Maria Dewi Indrawati yang mengakui bahwa masalah yang sering muncul dari pasien, terutama pasien dengan asuransi adalah proses konfirmasi. Dengan membuat pasien itu menunggu, dan tak tahu apa selanjutnya yang terjadi membuat pasien tidak segera dilayani.

"Kita datang dalam kondisi dilayani, saya butuh segera dokter, pemeriksaan, dapat obat, tindak lanjut, bukan kaya hotel mau liburan, kalau ke dokter dilayani cepat. Pasien-pasien dengan asuransi yang dikeluhkan adalah proses konfirmasi, lama, aduh ini kok lama, bingung dengan alur," ujar dr. Maria, dalam acara peluncuran produk 'Layanan Eksklusif AXA Mandiri' di Jakarta, Kamis (21/2/2019).

dr. Maria menambahkan, saat melakukan perawatan kesehatan, kondisi emosional pasien juga perlu diperhatikan dengan baik.


"Yang diutamakan sekarang itu bukan hanya pasien sembuh, tapi pasien puas dan nyaman. Itu juga harus diperhatikan. Kebutuhan klinis sama pentingnya dengan kebutuhan emosional," jelasnya.

Oleh karena itu, salah satu perusahaan asuransi di Indonesia, AXA Mandiri melakukan terobosan baru dalam pelayanan bagi para nasabahnya. Dengan adanya Layanan Eksklusif AXA Mandiri ini, pasien dapat terlayani dengan baik tanpa perlu menunggu lama proses konfirmasi.

Pasien akan mendapatkan prioritas untuk registrasi dan check-out dari rumah saki. Bahkan ada VIP lounge di beberapa rumah sakit yang tersedia. Tidak hanya itu, pasien akan mendapatkan pendampingan oleh staf dalam pengurusan administrasi di rumah sakit, sehingga tak perlu bingung terhadap alur karena langsung diarahkan.

"(Layanan Eksklusif AXA Mandiri) ini sangat tepat, menjawab kebutuhan di RS karena ada PIC di rumah sakit yang bisa handdle, supaya lolos. Jadi ada PIC yang ditunjuk terutama yang VIP," ujarnya.


Presiden Direktur AXA Mandiri, Handojo G. Kusuma mengatakan layanan Eksklusif AXA Mandiri dihadirkan sebagai wujud dari implementasi nilai costumer first untuk menjawab kebutuhan nasabah saat pemulihan kesehatan.

"Saat ini nasabah kita yang mempunyai premi lebih dari Rp 110 juta per tahun, itu sudah langsung terkualifikasi secara otomatis. Saya kira pelayanan itu sangat luas, dan ini salah satu jenis initial effort kita agar bisa dekat dengan customer," tambahnya.

Yang Dikeluhkan Pasien Asuransi Kesehatan: Proses Konfirmasinya Lama
(idr/up)