Jumat, 22 Feb 2019 10:22 WIB

Waduh! Pemain Yoyo 'Kehilangan' Jari Telunjuk Saat Dirontgen

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Permainan yoyo (Foto: iStock) Permainan yoyo (Foto: iStock)
Jakarta - Sebuah foto rontgen telapak tangan kembali viral. Foto lama yang sebenarnya sudah beredar sejak 2005 itu menampilkan struktur pembuluh darah di telapak tangan yang tidak biasa.

Foto tersebut adalah milik David Schulte, alias Dazzling Dave, seorang pemain yoyo profesional. Ia menjalani pemeriksaan rontgen alias sinar-X karena tangan kanannya merasa kedinginan, terlebih di jari telunjuk.

Sepekan sejak muncul keluhan, jari tersebut mulai menunjukkan warna yang tak biasa yakni biru keunguan. Dokter menyarankan angiogram, yakni teknologi rontgen untuk memindai struktur pembuluh darah.

Ada yang tidak wajar dalam hasil pemindaian. Bagian telunjuk kanan lebih pucat dibanding yang lain, seolah-olah menghilang. Menurut dokter, ini adalah vasosmasm, yakni konstriksi atau penyempitan pembuluh darah yang diduga berhubungan dengan aktivitas bermain yoyo.


Courtesy of Dave Schulte via LivescienceCourtesy of Dave Schulte via Livescience


"Spesialis tangan mengatakan 'Tunjukkan bagaimana kamu melakukan trik toto,' dan saya menunjukkan salah satu yang paling sering dipakai, yang memang sangat keras, melempar lurus ke bawah," kata Schulte dikutip dari Livescience.

"Dan dokter bilang, 'Oh ya, mungkin itu penyebabnya'," lanjutnya.

Dokter meresepkan pengencer darah untuk diminum secara teratur. Schulte mendapati jari-jarinya mulai membaik sebulan kemudian.

(up/up)