Jumat, 22 Feb 2019 15:35 WIB

Bersujud, Seorang Wanita Memohon Jalur Ambulans Dibuka

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ambulans harusnya mendapat prioritas lewat dari para pengguna jalan. (Foto ilustrasi: Istock) Ambulans harusnya mendapat prioritas lewat dari para pengguna jalan. (Foto ilustrasi: Istock)
Jakarta - Dalam sebuah video yang beredar luas di China, seorang wanita tampak bersujud memohon kepada pengemudi kendaraan bermotor. Padatnya kendaraan tidak menyediakan cukup ruas jalan bagi ambulans.

"Wanita ini terlihat sangat gelisah hingga bersujud dengan dahi yang menempel di tanah. Dia menangis dan berkata saya mohon," ujar seorang saksi dikutip dari South China Morning Post (SCMP).



Peristiwa yang tayang di situs Pear Video ini terjadi di Luan, Propinsi Anhui pada Jumat malam waktu setempat. Ayah dari wanita yang tidak disebutkan identitasnya tersebut mengalami kecelakaan di hari yang sama. Korban harus diangkut ambulans menuju fasilitas kesehatan terdekat.

Sirene ambulans telah menyala lengkap dengan bunyinya selama 10 menit. Namun tidak ada motor atau mobil yang bersedia memberikan jalan bagi ambulans. Wanita tersebut putus asa hingga bersujud dan memohon bagi semua pengemudi yang menggunakan jalan tersebut.

Sebelumnya ambulans perlu waktu hingga lebih dari 30 menit menuju lokasi kecelakaan. Ambulans terhalang padatnya lalu lintas hingga tak bisa lewat dengan mudah. Saksi memperkirakan, ambulans hanya perlu waktu 5 menit jika tersedia cukup ruas jalan.

Warganet dilaporkan merespon negatif perilaku para pengguna jalan. Aturan lalu lintas China sebetulnya memberikan akses istinewa bagi kendaraan yang menangani situasi darurat misal ambulans, mobil polisi, pemadam kebakaran,dan kendaraan penyelamatan lain. Sayangnya aturan ini lebih sering diabaikan pengguna jalan, hingga kerap terjadi kemacetan terutama saat liburan.

(fds/fds)
News Feed