Jumat, 22 Feb 2019 16:41 WIB

Hipertensi Mengancam Milenial, Makin Banyak Menyerang Usia 20-an

Widiya Wiyanti - detikHealth
Waspada, hipertensi makin banyak menyerang kaum milenial. Foto: iStock Waspada, hipertensi makin banyak menyerang kaum milenial. Foto: iStock
Jakarta - Banyak orang yang berpendapat bahwa penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi hanya terjadi pada orang usia tua. Apakah benar begitu? Apakah hipertensi tidak bisa dialami orang usia muda di usia 20an misalnya?

Ternyata menurut dr Paskariatne Probo Dewi Yamin, SpJP, hipertensi sudah mulai ngetren di kalangan kaum milenial, yaitu pada usia 23-39 tahun.

"Dari data Riskesdas prevalensi hipertensi naik cukup tajam. Di Indonesia, hipertensi pada usia 18-39 tahun prevalensinya 7,3 persen," ujarnya saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (22/2/2019).



dr Paska mengatakan penyebab hipertensi di usia muda dibagi menjadi dua jenis, primer dan sekunder. Penyebab primer ini tidak spesifik namun berkontribusi sekitar 90-95 persen.

Biasanya penyebab primer ini dipengaruhi gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga, rokok, dan alkohol. Serta terjadinya stres dan manajemen waktu yang tidak baik.

Sementara itu, penyebab sekunder adalah penyebab karena adanya gangguan lain di dalam tubuh dan prevalensinya sekitar 5-10 persen.

"Ini penyebab khusus, seperti parenkim ginjal, masalah fungsi tiroid, masalah koarktasio aorta, dan displasia fibromukular," jelas dr Paska.



(wdw/up)
News Feed