Jumat, 22 Feb 2019 20:03 WIB

Puan Maharani Ajak Milenial Minum Jamu

Robi Setiawan - detikHealth
Foto: Robi Setiawan/detikcom Foto: Robi Setiawan/detikcom
Semarang - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK), Puan Maharani mengakui khasiat jamu. Tak ingin dipendam sendiri, ia pun mengajak milenial untuk miliki kebiasaan minum jamu.

"Jamu sebagai salah satu kekayaan khas Indonesia sebaiknya sudah bisa diminum oleh milenial, karena sekarang sudah ada soft capsule yang kemudian langsung minum lebih simpel, efisien, gak repot-repot bawanya," kata Puan usai berkeliling pabrik Sido Muncul di Ungaran, Semarang, Jumat (22/2/2019).


Menurut Puan jamu menjadi salah satu hal yang baginya bermanfaat baik bagi tubuh. Ia bahkan mengaku sudah sejak kecil dibiasakan untuk meminum jamu oleh ibunya, Megawati Soekarnoputri.

"Saya salah satu orang yang dari kecil, Ibu Penny juga dari kecil diajarkan minum jamu, dan merasa bermanfaat buat dirinya," ungkapnya.

Ia pun menekankan dengan adanya izin edar dari BPOM, khususnya untuk produk Tolak Angin dan Tolak Linu kapsul lunak, semakin menguatkan fakta bahwa produk olahan jamu aman bahkan menyehatkan untuk dikonsumsi.

"Sekarang kan sudah ada BPOM yang kemudian mengatakan bahwa dengan diberikannya surat izin edar itu artinya jamu tersebut insya Allah bebas dari bahan kimia, bebas dari racun yang tidak buat sehat badan," ujarnya.


Lebih lanjut ia pun mengungkapkan harapannya agar kapsul lunak Sido Muncul, sebagai produk asli Indonesia bisa bersaing tidak hanya di pasar lokal, namun juga di mancanegara. Untuk mendukung hal ini menurutnya pemerintah terus mendorong majunya industri jamu Tanah Air.

"Sudah banyak sekali produksi-produksi yang dihasilkan oleh PT Sido Muncul ini yang memang laku di masyarakat. Saya bersama Ibu Penny (Kepala BPOM) selalu menyampaikan kita harus dorong industri jamu," katanya.

Tolak Angin Pilih Lagi Rhenald Kasali jadi Bintang Iklannya

Praktisi bisnis Rhenald Kasali kembali dipilih menjadi bintang iklan terbaru produk Sido Muncul. Sosoknya sebagai akademisi menjadi alasan Sido Muncul memilih Rhenald untuk tampil pada iklan Tolak Angin yang terkenal dengan slogannya "orang pintar minum Tolak Angin".

"Pak Rhenald kan akademisi. Seorang akademisi dipertaruhkan nama baiknya. Saya percaya (dia) saya lihatin semua. Kalau memang tidak bagus gak mungkin Pak Rhenald mau," kata Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat saat proses behind the scene syuting iklan Tolak Angin di pabrik Sido Muncul, Ungaran, Semarang, Jumat (22/2/2019).

Puan Maharani Ajak Milenial Minum JamuFoto: Robi Setiawan/detikcom

Irwan juga menjelaskan lewat iklan terbarunya ini, Sido Muncul ingin menunjukkan bahwa selain produknya memberikan khasiat, perusahaan juga selalu mengusahakan agar konsumennya terhindar dari bahan-bahan yang berbahaya.

"Jadi saya produksinya itu dengan niatan bagaimana bisa lindungi konsumen. Lindungi dari sesuatu yang merusak tubuh. Yang merusak itu pestisida, pupuk, logam berat, alfatoxin itu harus bebas. Jadi setiap tes harus bebas itu," jelasnya.


Sementara itu Rhenald menjelaskan dengan iklan Tolak Angin terbaru ini, artinya ia sudah tiga kali menjadi bintang iklan Tolak Angin, yaitu 2001, 2018, dan 2019. Selama itu pula ia mengaku terus melihat perkembangan Sido Muncul.

"Tentu hampir 20 tahun saya periksa ke belakang apa yang sudah diperbaiki, apa yang sesuai zamannya. Sekarang zamannya masyarakat lebih sadar kesehatan, di mana-mana loh kita semua sadar kesehatan," kata Rhenald.

Lebih lanjut ia juga mengungkapkan bukan sekadar menjadi bintang iklan saja, ia mengaku sudah konsisten mengonsumsi produk-produk Sido Muncul. Secara khusus ia menekankan produk Sido Muncul yang paling disukainya sejak ia kecil, yaitu Tolak Angin.

"Saya minum Tolak Angin itu dari zaman saya masih kecil, dari ayah saya, ketika saya mau berangkat sekolah ke Amerika ayah saya titip itu, karena orang Asia itu punya sakit yang tidak dimiliki orang lain, yaitu masuk angin," jelasnya. (ega/up)