Sabtu, 23 Feb 2019 06:47 WIB

Saran Dokter Jantung Agar Minum Kopi Nggak Bikin Hipertensi

Widiya Wiyanti - detikHealth
Efek kafein dalam kopi diketahui berhubungan dengan kerja jantung (Foto: Thinkstock) Efek kafein dalam kopi diketahui berhubungan dengan kerja jantung (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Kopi menjadi asupan favorit bagi kaum milenial, apalagi kini banyak variasi kopi yang dijajakan di pasaran. Tapi ternyata ada cara minum kopi yang baik agar terhindar dari risiko penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr Paskariatne Probo Dewi Yamin, SpJP mengatakan bahwa banyaknya minum kopi berkaitan dengan tekanan darah.

"Trennya kurang dari satu cangkir dalam seminggu, risiko terhadap tekanan darah rendah. Kalau satu cangkir sehari malah tinggi. Tapi kalau minumnya lebih dari satu cangkir justru turun," ujarnnya saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (22/2/2019).



Menurut dr Paska, yang menyebabkan tekanan darah tinggi dari kopi adalah kandungan kafeinnya. Namun ada kandungan lain seperti antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Yang perlu diperhatikan adalah kopi jenis apa yang dikonsumsi, karena tambahan-tambahan di dalam kopi juga bisa mengurangi manfaat kesehatan antioksidan di dalamnya.

"Kita suka nggak sadar dari minum es kopi kekinian, yang efek nggak baik itu campurannya, susu lah, susu nggak rendah lemak, atau karamel, itu yang nggak hati-hati," tandasnya.

(wdw/up)
News Feed