Sabtu, 23 Feb 2019 11:37 WIB

Bos Suplemen Australia Sebut Pasar Indonesia Punya Masa Depan Cerah

Tia Reisha - detikHealth
Foto: Tia Reisha Foto: Tia Reisha
Jakarta - Perusahaan suplemen ternama asal Australia, Blackmores Limited melihat adanya masa depan cerah di pasar Indonesia. Hal ini pun menjadi salah satu alasan perusahaan ini memasarkan serangkaian produknya di Tanah Air.

"Kesempatan bisnis di Indonesia sangat signifikan karena middle class sangat banyak yang terlibat dalam perekonomian. Jadi ini kesempatan bagi kami. Yang penting secara bisnis bukan hanya menjual produk tapi menjual filosofi dan memperkenalkan apa yang kita buat itu namanya pendekatan holistik," ujar Founder Blackmores Limited Marcus C Blackmore di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat (22/2/2019).


Ia juga menyebut alasan lain yang membuat peluang di pasar Indonesia terbuka lebar seperti jumlah populasi di Indonesia yang mencapai 260 juta sebagai key country di luar China untuk bisnis perusahaan dalam 3-4 tahun ke depan.

"Di Indonesia ada 700 dokter spesialis yang tertarik dengan nutrisi dan kehamilan yang menjadi indikasi serta kesempatan untuk kita masuk. Karena banyak dokter yang mau menerima produk kami, jadi ini akan menjadi masa depan yang baik," sambung Marcus.


Marcus juga menyebut bahwa Indonesia merupakan pasar yang penting dengan adanya industri kesehatan, terlebih karena Indonesia memiliki kebiasaan mengonsumsi obat alami untuk kesehatan seperti jamu.

"Indonesia adalah pasar yang penting karena jumlah populasi, segmen menengah yang sedang tumbuh, dan berkembangnya industri perawatan kesehatan. Selain itu juga karena kepercayaan yang mendarah daging dan konsumsi obat alami seperti jamu," sambungnya.

Saat ini, Blackmores Limited memasarkan produknya di Indonesia melalui kerja sama dengan PT Kalbe Blackmores Nutrion. Menurut Marcus, Kalbe dipilih sebagai mitra di Indonesia karena memiliki visi dan komitmen yang serupa dengan Blackmores Limited dalam mengembangkan produk alami dan herbal.

"Joint venture dengan Kalbe sudah berjalan selama 3 tahun. Beberapa produk merupakan produk unggulan di Indonesia. Menurut saya kerja sama ini luar biasa dan ketika saya mengingat kembali waktu pertama kali saya bertemu orang-orang dari Kalbe, saya terkesan. Saya pun berpikir kerja sama ini akan memberikan nilai yang luar biasa karena Kalbe juga merupakan family company," lanjut Marcus.

Saat ini, ada 2 dari 42 produk Blackmores Limited yang paling laris di pasar Indonesia. Kedua produk tersebut adalah Blackmores Odourless Fish Oil yang masuk top 3 dan Blackmores Pregnancy Gold yang masuk top 2 leader.

Kedua produk tersebut pun memberi kontribusi sebesar 40% dari seluruh penjualan produk Blackmores Limited di Tanah Air. Bahkan, terhitung sejak Juli hingga Desember 2018, penjualan Blackmores Limited pun naik sekitar 70% dari tahun sebelumnya. (mul/ega)
News Feed