Minggu, 24 Feb 2019 20:42 WIB

Usia di Atas 35 Tahun Disarankan Medical Check Up Setahun Sekali

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Medical Check Up (MCU) penting dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan deteksi dini terhadap penyakit. Bagi yang berusia di atas 35 tahun, disarankan untuk melakukan rutin setahun sekali.

Di atas usia 35 tahun, metabolisme seseorang akan menurun. Sehingga berisiko mengalami berbagai macam penyakit seperti kolesterol, hipertensi, dan obesitas.

Menurut dr. Maria Dewi Indrawati, Quality Service Manager di salah satu RS di Tangerang mengatakan mulai usia 35 tahun, perlu medical check up secara rutin setahun sekali.

"Untuk MCU mulai rutinnya itu saya anjurkan di atas usia 35 sudah rutin MCU setahun sekali ya," ujar dr. Maria dalam acara peluncuran 'Layanan Eksklusif AXA Mandiri' Jakarta, baru-baru ini.


dr. Maria menyinggung permasalahan terkait masih kurangnya kesadaran melakukan MCU di masyarakat Indonesia saat ini. Masyarakat masih banyak yang kurang menyadari pentingnya pemeriksaan kesehatan.

"Kelemahan masyarakat Indonesia itu data untuk surveinya itu masih kurang ya. Karena dengan jumlah penduduk sekitar 250 juta itu relatif. Tapi berdasarkan target kita di depkes pada 2020 masyarakat itu bisa lebih ke preventif untuk kesehatan," jelasnya.

"Makanya program pemerintah juga banyak melibatkan agar masyarakat diarahkan untuk screening. Ya semoga dengan program itu bisa menyadarkan masyarakat untuk rutin melakukan screening," tambahnya.

Masyarakat diharapkan dapat menjaga kesehatan sejak dini, salah satunya dengan MCU. Apalagi, saat ini telah ada paket layanan eksklusif dari salah satu perusahaan asuransi di Indonesia, AXA Mandiri.

Layanan yang dikedepankan oleh AXA Mandiri saat ini semakin memperhatikan kebutuhan pasien, seperti dapat melakukan konsultasi kesehatan secara online.


Menurut dr. Maria, orang yang paling peduli terhadap pemeriksaan kesehatan dini adalah orang yang menyangka dirinya kemungkinan besar akan terkena penyakit. Salah satunya seperti karena faktor riwayat keluarga.

"Biasaya orang yang mulai sadar harus MCU itu adalah yang punya riwayat penyakit dari keluarga. Biasanya itu akan lebih untuk memeriksakan diri. Atau misalnya bagi orang yang bekerja di tempat yang punya resiko tinggi. Nah itu juga dari perusahaan sendiri biasanya mewajibkan untuk MCU," tuturnya. (idr/up)
News Feed