Selasa, 26 Feb 2019 18:35 WIB

Belajar dari Kasus Incest di Lampung, Kenali Ciri Keluarga 'Bermasalah'

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ciri-ciri keluarga bermasalah salah satunya tertutup (Foto: iStock) Ciri-ciri keluarga 'bermasalah' salah satunya tertutup (Foto: iStock)
Jakarta - Keluarga yang terlibat dalam hubungan seks (incest) ternyata punya ciri khas. Karakter ini juga bisa ditemukan pada keluarga lain yang bermasalah.

"Cirinya adalah keluarga yang terlalu tertutup. Dan jika memiliki anggota yang mengalami keterbelakangan fisik atau mental, masyarakat harus memberikan perhatian ekstra jika ada keluarga dengan karakter ini," kata Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dwi Lisyawardani yang biasa disapa Dani pada detikHealth, Selasa (26/02/2019).



Menurut Dani, ciri ini sesuai dengan budaya masyarakat Indonesia yang cenderung menyebunyikan anggotanya yang memiliki disabilitas. Akibatnya mereka berisiko mengalami tindakan yang tidak pantas, salah satunya korban kejahatan seksual. Eksposure akan menekan risiko mengalami tindak kejahatan, karena lingkungan sekitar akan mempertanyakan jika ada yang tidak beres pada penyandang disabilitas.

Untuk keluarga yang terlalu tertutup, Dani menyarankan kerja sama antar seluruh anggota masyarakat. Keluarga ini harus sering dicolek-colek supaya lebih aktif di kehidupan sosial. Tentunya aktif dalam interaksi fisik bukan sekadar di media sosial. Respon negatif jangan sampai membuat masyarakat mudah menyerah.

"Memang tidak selalu mudah ya membuka akses pada keluarga yang tertutup. Tapi bagaimana pun keluarga yang tertutup, apalagi punya anggota penyandang disabilitas. harus jadi sasaran perhatian komunitas. Karena tidak semua masalah bisa selesai di level keluarga, kadang butuh bantuan lingkungan sekitar," kata Dani.

(up/up)
News Feed