Rabu, 27 Feb 2019 17:41 WIB

Ini Tandanya Dentuman Sound System Saat Hajatan Mulai Merusak Pendengaran

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi mendengar suara yang terlalu keras. Foto: thinkstock Ilustrasi mendengar suara yang terlalu keras. Foto: thinkstock
Jakarta - Tidak dipungkiri bahwa suara dari sound system acara hajatan terdengar sangat keras, bahkan bisa membuat jantung ikut berdegup sangat kencang. Bagaimana dampaknya bagi telinga kita yang mendengarnya?

Dokter spesialis THT dari RSPI, dr Hably Warganegara, SpTHT-KL mengatakan, jika telinga terpapar suara terlalu keras maka bisa berdampak buruk.

"Dampak telinga yang kalau dengar suara yang kencang itu yang pertama biasanya telinga berdenging dulu atau pengang, nging gitu," ujarnya saat dijumpai di daerah Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2019).



Terutama pada orang yang sering terpapar suara terlalu keras dari sound system, misalnya teknisi sound system yang sehari-hari mendengar suara keras, bisa terjadi penurunan fungsi telinga lebih cepat dari seharusnya.

"Gangguan pendengaran yang harusnya usia 80-90, dia akan lebih cepat misal di (usia) 40 atau 50 kalau terpapar terus-terusan. Gangguan bising itu tergantung pada volumenya, tergantung dari intensitasnya," jelas dr Hably.

Namun jika tidak terpapar secara lama dan terus-menerus, dampaknya pun tidak terlalu berbahaya. Seperti suara berdenging saja, dan tidak lama terjadinya.




(wdw/up)
News Feed