Rabu, 27 Feb 2019 18:04 WIB

RS Sediakan Makanan untuk Penjenguk Pasien? Ada Manfaatnya Lho

Akfa Nasrulhaq - detikHealth
Foto: Grandyos Zafna/detikHealth Foto: Grandyos Zafna/detikHealth
Jakarta - Banyak indikator menilai pelayanan rumah sakit. Kesembuhan pasien, tentu jadi penilaian utama dalam menilai kualitas layanan yang diberikan. Kendati begitu, tak banyak tahu kalau fasilitas untuk penjenguk, seperti makanan, rupanya jadi salah satu penentu kepuasan bagi pasien yang dirawat.

dr. Maria Dewi Indrawati, Quality Service Manager di salah satu RS di Tangerang menceritakan salah satu peristiwa yang menunjukkan kepuasan pasien tidak terpenuhi, karena penjenguk tidak mendapatkan pelayanan yang baik.

"Kita pernah handle satu case, pasien sembuh, tapi nggak puas. Setelah dicari tahu kenapa? Ini karena dia merasa keluarganya saat jenguk temani saya (pasien), nggak dapat ruangan, nggak ada meals, mau ambil meals tapi harus bayar. Jadi sembuh sih sembuh, tapi emosional kebutuhannya nggak terpenuhi," ujar dr. Maria saat peluncuran 'Layanan Eksklusif AXA Mandiri' di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut dr. Maria, emosional pasien juga perlu dikelola dengan baik karena pasien bukan hanya memerlukan kebutuhan klinis saat pemulihan kesehatan.


"Yang diutamakan sekarang itu bukan hanya pasien sembuh, tapi pasien puas dan nyaman. Itu juga harus diperhatikan. Kebutuhan klinis sama pentingnya dengan kebutuhan emosional," jelasnya.

Oleh karena itu, untuk menjawab persoalan tersebut, salah satu perusahaan asuransi di Indonesia, AXA Mandiri membuat terobosan baru dengan menghadirkan layanan eksklusif. AXA Mandiri juga bekerja sama dengan beberapa rumah sakit untuk memberikan pelayanan yang terbaik bukan hanya dari sisi klinis, namun juga fasilitas, seperti adanya VIP Lounge, hingga pendamping pasien.

"Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, China, mungkin belum seluruh rumah sakit. Tapi rumah sakit-rumah sakit yang sering dipakai di Singapura kayak Park Away, di Indonesia ada Premier dan Siloam Hospital. Ada VIP lounge, tempat duduk di ruang tunggu VIP. Ini menunjukkan bahwa kalau melakukan layanan kayak gini bagaimana delivery make sure fasilitas ada dan memang dilakukan," ujar Presiden Direktur AXA Mandiri, Handojo G. Kusuma.


Dikatakan Handojo, banyak rumah sakit yang tak menyediakan makanan untuk penjenguk pasien. Padahal, lanjutnya, layanan tersebut secara tidak langsung cukup membantu kesembuhan pasien, lantaran bisa membuat pasien lebih nyaman secara emosional. (idr/up)