Senin, 04 Mar 2019 04:25 WIB

Malas Bangun Pagi? Ini Tips Bangkitkan Semangat Menyambut Hari Senin

Ayunda Septiani - detikHealth
Males gerak alias mager di Senin pagi (Foto: iStock) Males gerak alias 'mager' di Senin pagi (Foto: iStock)
Jakarta - Pernah merasa malas dan kurang bersemangat saat bangun di pagi hari? Sehabis libur akhir pekan, kadang memang butuh adaptasi untuk bisa bersemangat lagi.

Bersemangat atau tidak, sebenarnya turut dipengaruhi oleh kebiasaan di pagi hari. Penting untuk melakukan kebiasaan baik untuk membuat hari lebih bersemangat.

Kebiasaan apa saja yang dimaksud? Berikut detikHealth merangkumnya.



1. Minum air putih saat bangun

Pada malam hari, tubuh kita memperbaiki diri dan mengaluarkan semua racun dalam tubuh. Saat minum air pada waktu perut kosong di pagi hari, kamu akan membersihkan racun berbahaya ini dan membuat tubuh kamu lebih segar dan sehat.

Minum banyak air juga bisa membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru. Belum lagi manfaat lain seperti mencegah kenaikan berat badan.

2. Olahraga ringan

Selain membuat tubuh lebih jadi sehat dan bugar, olahraga ringan di pagi hari juga bisa membuat kamu lebih bersemangat menjalani hari. Saat tidur, otot tubuh kita akan beristirahat.

Nah, gerakan olahraga ringan seperti stretching atau jalan santai bisa membantu tubuh untuk mengendurkan otot sehingga tidak kaku ketika memulai aktivitas di pagi hari.

3. Mandi air dingin

Mandi dengan air hangat di pagi hari memang akan membuat rileks, tapi ternyata mandi pagi dengan air dingin punya lebih banyak manfaat untuk tubuh.

Suhu air yang dingin bisa 'membangunkan' tubuhmu supaya lebih siap menjadi hari. Selain itu, mandi dengan air dingin juga terasa lebih segar.



4. Sarapan sehat

Selayaknya kendaraan yang butuh bensin, tubuhmu juga butuh 'bahan bakar' agar performa semakin maksimal. Kalau selama ini kamu sering sarapan dengan apapun yang berbau santan dan gorengan, kenapa tidak mencoba sarapan lebih sehat seperti oatmeal atau roti gandum?

Kamu akan merasa lebih sehat dan moodmu pun jadi baik seharian.

5. Merencanakan kegiatan hari ini

Penting buat tahu apa saja tujuan kamu untuk hari ini. Ingat ya guys, hari ini yang kamu jalani tidak pernah untuk kembali. Jadi rencanakan dan buat hari ini menjadi lebih indah.

Selamat mencoba Healty Friend, semoga hari ini kamu bisa lebih bersemangat menjalani aktivitas ya. Fight!

(up/up)